IBADAH MINGGU PAGI, 27 JANUARI 2019 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE


Umumnya manusia adalah mahkluk yang selalu menginginkan agar dalam kehidupannya dapat melakukan sesuatu dengan cepat dan mudah serta tidak butuh yang namanya tantangan dan pergumulan atau kesulitan bahkan marabahaya sekalipun.

Demikian juga yang terjadi dengan umat Israel ketika Allah menuntun mereka keluar dari tanah Mesir menuju ke Kanaan yang sebenarnya tidaklah jauh jaraknya namun Allah memilih membawa mereka melewati padang gurun agar umat mereka tidak kecewa bahkan menyerah dan memilih pulang ke Mesir.

Demikian kotbah minggu pagi, 27 desember 2019 yang di pimpin Pdt.Mariani Tambunan, S.Th dengan mengambil pembacaan firman Tuhan dari kitab Keluaran 13:17-22 “Allah menuntun umat-Nya”.


Pasti kita akan berpikir kenapa Allah harus membawa umat Israel melewati padang gurun sementara Kanaan berada di sebelah Utara Mesir sebagaimana cerita anak-anak Yakub ketika pergi ke Mesir saat terjadi kelaparan di Kanaan hanya beberapa hari saja perjalanannya.

Sudah pasti Allah mengalihkan perjalanan mereka dengan memutar melalui padang gurun dengan maksud agar umat Israel tidak kecewa dan undur bahkan mungkin saja murtad dan balik lagi ke Mesir ketika mereka harus menghadapi peperangan dengan bangsa-bangsa lain yang jauh lebih kuat dan suka berperang di sepanjang perjalanan mereka ke tanah perjanjian di Kanaan.

Allah juga tidak meninggalkan umat Israel berjalan sendiri tetapi Ia senantiasa bersama mereka dalam tiang awan pada siang hari untuk melindungi mereka dari terik matahari dan tiang api pada malam hari untuk menerangi mereka sehingga mereka dapat berjalan siang dan malam.

Penyertaan dan tuntunan Tuhan juga tetap ada sampai di saat ini dalam kehidupan kita bahwa Dia tidak pernah meninggalkan kita, walau terkadang kita harus mengikuti jalan yang panjang seperti yang di alami oleh umat Israel tetapi kasih Tuhan tidak pernah berakhir.

Siapa yang taat dan tekun berada dalam tuntunan Tuhan dia akan mengalami suka-cita yang luar biasa walau harus melewati banyak cobaan dan pergumulan hidup yang berat.


Pada ibadah minggu pagi ini juga di lakukan perjamuan kudus dalam jemaat untuk membuka pelayanan tahun 2019 di GKI Siloam Sanoba Nabire.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IBADAH MINGGU PAGI, MINGGU SENGSARA KE-7, 20 MARET 2016 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE

IBADAH SYUKUR PENAMATAN TK BESAR GKI SILOAM SANOBA TAHUN AJARAN 2018/2019

PEMBUKAAN SIDANG JEMAAT KE-II GKI SILOAM SANOBA NABIRE, KAMIS 28 JANUARI 2016