IBADAH MINGGU PAGI, 12 JULI 2015 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE

Ibadah minggu pagi, 12 Juli 2015
Pembacaan Firman 1 Raja-raja 10:1-13 “Kunjungan ratu negeri Syeba”
Pelayan Firman Pnt.L.Sirloy

Ketika ratu negeri Syeba mendengar tentang hikmat dan pengetahuan raja Salomo yang demikian luar biasa, maka ia bermaksud datang sendiri untuk mendengar hikmat dan pengetahuan Salomo tersebut.

Dengan kekayaan yang banyak dimuat dengan unta serta di iringi pengawal dan pembesarnya akhirnya ratu negeri Syeba sampai juga di Israel dan melihat sendiri hikmat dan pengetahuan yang dimiliki oleh Salomo bahkan rumah yang telah didirikannya, makanan dimejanya, cara duduk pegawai-pegawainya, cara pelayan-pelayannya melayani dan berpakaian dan lain sebagainya.

Hikmat yang dimiliki oleh Salomo adalah pemberian Allah, dan Salomo sama sekali tidak membanggahkan diri dengan segalah hikmat dan pengetahuan yang dimiliki olehnya, bahkan dalam Alkitab dikatakan bahwa Salomo memuliakan Allah dengan segalah yang telah Allah berikan kepadanya.

Dalam pembacaan Firman Tuhan saat ini dikatakan bahwa ratu Syeba memuji Tuhan Allah atas segalah hikmat dan pengetahuan serta segalah yang dimiliki oleh Salomo.
Bagaimana seorang yang kafir yang tidak mengenal bahkan percaya kepada Allah dapat memuji-Nya ? Kalau bukan ada yang memberikan kesaksian kepadanya terlebih dahulu dan Salomo telah melakukannya yakni bahwa ia telah bersaksi kepada ratu Syeba dan juga memuliakan Allah Israel dan ratu Syeba-pun melakukan hal yang sama dengan memuji Allah Israel atas apa yang dimiliki Salomo.
1 Raja-raja 10:9 “ Terpujilah Tuhan,Allahmu, yang telah berkenan kepadamu sedemikian, hingga ia mendudukan engkau diatas tahta kerajaan Israel ! Karena Tuhan mengasihi orang Israel untuk selama-lamanya, maka ia telah mengangkat engkau menjadi raja untuk melakukan keadilan dan kebenaran”

Setelah melihat dan mendengar  secara langsung segalah hikmat dan pengetahuan bahkan rumah tanggah dan pegawai di kerajaan Israel lalu diberikan kepada raja oleh ratu Syeba seratus dua puluh talenta emas, dan sangat banyak rempah-rempah, dan batu permata yang mahal-mahal; tidak pernah lagi ada rempah-rempah seperti yang diberikan ratu negeri Syeba kepada raja Salomo itu, setelah itu ratu Syeba kembali ke negerinya.

Dari pembacaan firman Tuhan ini dapat di simpulkan tiga hal bagi hidup kita saat ini sebagai berikut:
1.     Allah mau memakai kita untuk menunjukan hikmat dan kuasa-Nya asal kita mau merendahkan diri. Setelah kita sudah diberkati jangan sombong dan angkuh diri.
2.    Tiap-tiap orang memiliki talenta dan karunianya masing-masing yang telah ditentukan oleh Allah.
3.     Untuk menunjukan kebesaran Allah dapat kita tunjukan melalui cara hidup kita, cara berpakaian serta tutur kata kita, hendaklah semuanya untuk memuliakan Allah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IBADAH MINGGU PAGI, MINGGU SENGSARA KE-7, 20 MARET 2016 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE

IBADAH SYUKUR PENAMATAN TK BESAR GKI SILOAM SANOBA TAHUN AJARAN 2018/2019

LOMBA CERDAS CERMAT ALKITAB (CCA) BAGI WARGA JEMAAT GKI SILOAM SANOBA MENYONGSONG HUT PASKAH 2016, SENIN 21 MARET 2016