Kamis, 02 Juli 2015

IBADAH PAR SEKOTAWI TINGKAT KLASIS GKI PANIAI YANG DIPUSATKAN DI GKI ICTHUS SIRIWINI, KAMIS 2 JULI 2015


Ibadah PAR Sekotawi Tingkat Klasis GKI Paniai di Pusatkan di GKI Ichtus Siriwini, Kamis 2 Juli 2015
Pembacaan Firman Tuhan Lukas 2:41-52 “Yesus pada umur dua belas tahun dalam bait Allah”
Pelayan Firman Pdt. Abriyani N, S.Si

Dalam pembacaan Firman Tuhan saat ini menunjukan bahwa Yesus sangat mengasihi Allah di buktikan dengan aktifnya orang tua Yesus yakni Yusuf dan Maria tiap tahun harus pergi ke Yerusalem untuk merayakan paskah yakni hari pembebasan umat Israel oleh Allah dari perbudakan di tanah Mesir, dan Yesus selalu turut serta bersama dengan mereka walau perjalanan tersebut dari Nazaret ke Yerusalem  memakan waktu 1 hari perjalanan.
Yesus sejak kecil sudah aktif mengikuti orang tua-Nya ke Bait Allah, hingga berumur 12 seperti pada cerita Firman Tuhan saat ini.

Disana dikatakan bahwa setelah perayaan Paskah Yesus terpisah dengan orang tuanya dan Yesus tetap di Bait Allah sementara kedua orang tua-Nya tetap melakukan perjalan balik ke kampung halaman mereka di Nazaret. Dalam perjalanan tersebut barulah mereka menyadari bahwa Yesus tidak bersama mereka.
Sebagai orang tua tentu ada rasa kekawatiran dan ketakutan kalau-kalau sesuatu telah terjadi dengan diri Yesus, hingga mereka kembali ke Yerusalem dan mendapati Yesus sedang duduk di tenggah kaum halim ulama dan berbincang-bincang tentang kerjaan Allah dengan mereka.

Dari cerita diatas dapat di simpulkan bahwa betapa Yesus sangat mengasihi Allah dengan datang ke Bait Allah dan  membaca Firman Tuhan.

Yesus tidak bermaksud mencemaskan kedua orang tua-Nya tetapi karena cintaNya akan Allah lebih besar dari segalahnya mengakibatkan Yesus melakukan hal demikian.
Yesus berada di Bait Allah untuk menggenapi Firman Tuhan dan juga menyatakan kepada dunia bahwa Dia-lah Sang Mesias yang telah dijanjikan dan di nantikan oleh umat Israel.

Anak-anak sekolah minggu harus meneladani sifat dan karakter Tuhan Yesus untuk selalu rindu akan Bait Allah atau Rumah Tuhan dan ingat juga datang ke sekolah minggu dan beribadah kepada Allah.
Semakin kita datang ke sekolah minggu
Semakin kita membaca Firman Tuhan
Semakin kita naikan puji-pujian maka kita akan semakin cinta kepada Allah dan mengerti maksud dan tujuan Allah dalam kehidupan kita.

Ibadah PAR kali ini sekaligus merayakan HARI DOA SEKOLAH MINGGU (HDSM) GEREJA KRISTEN INJILI DI TANAH PAPUA
Dengan Thema : Saya Bersama Yesus Berada di Rumah Tuhan (Bnd. Lukas 2:41-52)
Sub Thema : HDSM GKI memberi motifasi dan semangat bagi PAR supaya setia datang ke Sekolah Minggu untuk belajar tentang maksud dan rencana Tuhan dalam hidupnya.

Sementara itu Sekretaris Komisi Pembinaan Jemaat Klasis GKI Pania Pdt.Y.Titahena dalam sambutannya mewakili Ketua Klasis GKI Paniai mengatakan bahwa dengan perayaan Hari Doa Sekolah Minggu (HDSM) kita termotifasi datang ke Rumah Tuhan.
Pesan buat anak-anak sekolah minggu dan pengasuh bahwa sekolah minggu adalah tempat kita belajar tentang maksud dan rencana Tuhan, serta anak-anak tahu mendisiplinkan diri datang ke sekolah minggu.
Buat pengasuh sebagai pendidik harus memiliki kualitas dalam mengajar serta penguasaan Firman Tuhan dan mampu menjadi teladan melalui watak dan kepribadian yang baik.

Ibadah juga diisi dengan kesaksian lagu oleh :
VG. PAR Maranatha Malompo
VG. PAR Imanuel Kota Lama
VG. PAR Solafide KPR
VG. PAR Tabernakel Oyehe
VG. PAR Ichtus Siriwini
VG. PAR Sion Kampung Harapan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar