IBADAH MINGGU PAGI, MINGGU SENGSARA KE-4, 28 FEBRUARI 2016 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE


Jadi pelita hidup atau mata dalam pembacaan firman Tuhan saat ini merupakan suatu kiasan tentang kehadiran Yesus ditengah-tengah dunia dan pelayanan-Nya.
Minggu Pagi, Minggu Sengsara ke-4, 28 Februari 2016 di GKI Siloam Sanoba Nabire
Pembacaaan Firman Tuhan Lukas 11:33-36 “Pelita tubuh”
Pelayan Firman Pdt.F.Samsanoy,S.Th

Jemaat sekalian yang Tuhan Yesus kasihi, pembacaan kita pada pagi hari ini yang berbicara soal mata atau bagian tubuh yang di pakai untuk melihat. Mata adalah panca indra atau salah satu dari ke-lima indra yang ada pada tubuh manusia, dapat kita bayangkan bagaimana jadinya kita jika tidak dapat melihat ? Sudah barang tentu kita akan merasa susah dan tidak dapat melihat indahnya tumbuhan, cantiknya istri kita, gantengnya suami kita bahkan lucu dan menggemaskan anak dan cucu kita, bahkan aktifitas kita cukup terganggu.Bersyukurlah bila kita dikaruniakan Allah mempunyai mata yang sempurnah.

Pembacaan firman Tuhan saat ini merupakan suatu perumpamahan tentang kehadiran Yesus ditengah-tengah dunia dan pelayanan-Nya, apakah saudara dan saya menggunakan mata yang di ciptakan dan dijadikan oleh Allah di kepala kita, apakah ketika kita melihat Yesus dan karya penyelamatannya di tengah-tengah dunia bisa diterima oleh kita, memakainya dan melaksanakannya dalam kehidupan kita.
Jadi pelita hidup atau mata dalam pembacaan firman Tuhan saat ini merupakan suatu kiasan tentang kehadiran Yesus ditengah-tengah dunia dan pelayanan-Nya. 
Saudara-saudara yang Tuhan Yesus kasihi, oleh sebab itu ketika Yesus hadir dengan pelayanan-Nya, kita harus melihat Yesus dengan mata rohani kita, dengan mata hati kita agar pelayan yang dilakukan oleh Yesus tersebut dimiliki dan didapati serta dipakai oleh kita. Sebab Yesus hadir dengan pelayanan-Nya itu untuk mau mengajak kita semua baik saudara-saudara dan saya sendiri untuk menuju pada jalan kehidupan yang kekal, bahkan kehadiran-Nya tersebut berjalan dengan baik tapi diperhadapkan dengan tantangan dan rintangan untuk mau menantang pelayanan Yesus ditengah-tengah dunia pada dua ribu tahun yang silam.
Oleh sebab itu telah kita ketahui sendiri bahwa banyak orang-orang kristen pada zaman sekarang ini, yang telah mengerti dan memahami tentang firman Tuhan yang mengajak dan membawa kita pada kehidupan yang lebih baik demi keselamatan umat manusia, tapi kadang kala juga kita tidak menuruti apa kata firman Tuhan tersebut. Firman mengajarkan kita untuk berbuat baik dalam hidup tapi kadang kala kita melakukan kejahatan dalam hidup ini, firman mengatakan kita harus menghargai sesama kita tapi kadang kala kita merasa diri hebat karena punya jabatan dan kedudukan sehingga menganggap orang lain tidak penting, firman mengajarkan jangan menceritakan kejelekan orang tapi kita lebih senang mendengar gosip, firman mengajarkan harus rajin beribadah tetapi kadang kala kita lebih mementingkan kepentingan pribadi dari pada mengahadiri ibadah persekutuan dan lain sebagainya.

Kalau saudara dan saya menerapkan sikap yang Tuhan larang tersebut bagaimana bisa saudara dan saya mempergunakan mata rohani kita untuk melaksanakan injil Kristus dalam kepribadian kehidupan kita ? Itu sebabnya saudara-saudaraku yang Tuhan Yesus kasihi, Yesus hadir sebagai pelita dalam kehidupan kita dan memberikan cahaya dan terang sarta Yesus memberikan mata dalam kehidupan rohani kita agar kita dapat membedahkan mana yang baik dan tidak dan melakukan yang baik serta menjahui kejahatan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IBADAH MINGGU PAGI, MINGGU SENGSARA KE-7, 20 MARET 2016 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE

IBADAH SYUKUR PENAMATAN TK BESAR GKI SILOAM SANOBA TAHUN AJARAN 2018/2019

PEMBUKAAN SIDANG JEMAAT KE-II GKI SILOAM SANOBA NABIRE, KAMIS 28 JANUARI 2016