Jumat, 31 Maret 2017

IBADAH AKHIR BULAN MARET 2017 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE


Ibadah Akhir Bulan Maret 2017 di GKI Siloam Sanoba Nabire di pimpin oleh Pnt. Lambert Rumbiak dengan mengambil pembacaan firman Tuhan dari kitab Injil Yohanes 18:28-32 Yesus di hadapan Pilatus

Pnt.Lambert Rumbiak membuka kotbahnya dengan mengatakan bahwa pernakah kita di hadapkan dengan dua pilihan yang sangat sulit dimana kedua-duanya sangat penting dan tidak dapat diabaikan salah satunya, tetapi karena kondisi membuat kita harus memilih yang terbaik di antara keduanya dan tidak jarang kita di perhadapkan dengan penyesalan karena salah memilih.

Hal demikianlah yang dihadapi oleh Pilatus ketika orang-orang Yahudi memperhadapkan dirinya dengan Yesus dan Pilatus menghadapi situasi yang sangat sulit bagi dirinya terhadap keberadaan Yesus yang walaupun dia mempunyai kekuasaan untuk menentukan apakah Yesus harus di bebaskan atau di hukum mati.

Di katakan dalam pembacaan firman Tuhan saat ini bahwa para pemimpin Yahudi membawa Yesus ketika hari masi pagi ke gedung pengadilan tetapi tidak masuk dengan alasan tidak mau menajiskan diri karena mereka hendak makan paskah dan hal ini sangat jelas bahwa mereka sendiri takut akan tuduhan dan dakwaan mereka kepada Yesus yang tidak terbukti kebenarannya.


Dan karena ketidak hadiran para pemimpin orang Yahudi dalam gedung pengadilan sehingga Pilatus keluar dan bertanya kepada mereka Apakah tuduhan kamu terhadap orang ini ?dan dengan spontan mereka berkata bahwa jika Dia bukan seorang penjahat, kami tidak menyerahkan-Nya kepadamu, dan hal tersebut menunjukan bahwa mereka (orang-orang Yahudi) tidak dapat menunjukan kesalahan yang telah di lakukan oleh Yesus yang mengakibatkan Dia harus menerima hukuman mati seperti yang di inginkan oleh mereka.

Dan Pilatus mengembalikan Yesus kepada mereka dan berkata ambillah Dia dan hakimi menurut hukum Tauratmu, dan hal tersebut dilakukan oleh Pilatus karena dia sendiri tidak dapat mengambil keputusan yang tepat terhadap status Yesus sehingga dia mengembalikan Yesus kepada orang-orang Yahudi dan menyuruh mereka menghakimi Dia menurut hukum Taurat.

Dengan demikian firman Tuhan saat ini mau mengingatkan kita bahwa sebagai manusia kadang kalah kita sukar untuk mengambil keputusan akan sesuatu hal yang berat dalam kehidupan kita, dan dalam kondisi demikian kita menjadi frustasi serta bingung untuk menentukan pilihan, namun sebagai anak Tuhan kita harus meyerahkan semua permasalah kepada Tuhan dan biarlah Tuhan yang menentukan keputusan tersebut dan kita tinggal mengikutinya sebab keputusan Tuhan adalah keputusan yang tepat.

Tuhan telah menjaga dan melindungi kita hingga kita dapat melewati bulan maret 2017 dengan selamat, dan tentunya kita juga berharap Tuhan akan menuntun kita dalam memasuki bulan april 2017 nanti.


Setelah ibadah dilaksanakan ulang tahun bagi ibu-ibu PW Siloam yang berulang tahun dalam bulan maret 2017 dan setelah ibadah dilakukan jamuan kasih dalam bentuk snack yang telah disiapkan oleh ibu-ibu yang berulang tahun bagi seluruh warga jemaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar