Senin, 24 Juli 2017

IBADAH MINGGU PAGI, 23 JULI 2017 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE


Ibadah Minggu Pagi, 23 Juli 2017 di GKI Siloam Sanoba Nabire di pimpin oleh Pdt. F.Samsanoy,S.Th dengan mengambil pembacan firman Tuhan dari kitab Injil Lukas 9:37-43a “Yesus mengusir roh jahat dari seorang anak yang sakit”

Membuka kotbahnya Pdt. F.Sasanoy mengatakan bahwa ketika Yesus turun dari gunung ada banyak sekali orang yang berbondong-bondong datang kepada-Nya untuk mendengarkan sabda atau firman Tuhan yang hendak di ajarkan oleh Yesus kepada mereka dan bersama-sama dengan orang banyak tersebut ada juga mereka yang membawa orang-orang sakit untuk di sembuhkan oleh Yesus, salah satunya adalah seorang ayah yang pada pembacaan firman saat ini di ceritakan bahwa ia memohon kepada Yesus agar mengasihani dan menolong anaknya dengan menyembuhkan penyakitnya.

Jika kita melihat dengan seksama pada ayat 39 di sebutkan “Sewaktu-waktu ia di serang roh, lalu mendadak ia berteriak dan roh itu menggoncang-goncangkannya sehingga mulutnya berbusa. Roh itu terus saja menyiksa dia dan hampir-hampir tidak mau meninggalkannya”.  Dengan jelas dapat di simpulkan bahwa sakit yang di derita oleh anak tersebut adalah Epilepsia/ayan atau penyakit yang menyerang simpul otak dan dapat di sebabkan oleh berbagai hal dan khusus kasus pada pembacaan firman saat ini penyakit epilepsia/ayan tersebut di sebabkan oleh gangguan roh jahat.

Sebelumnya ayah tersebut juga telah meminta para murid Yesus untuk menyembuhkan anaknya namun mereka tidak dapat menyembuhkannya hingga dia harus berseruh dengan suara nyaring serta penuh harapan agar Yesus mendengar teriakkannya dan menyembuhkan anaknya dan Yesus melakukan tepat seperti yang di inginkan oleh orang tersebut.

Dalam ayat ke 42 di sebutkan  “ketika anak itu mendekati Yesus, setan itu membantingkannya ke tanah dan menggoncang-goncangkannya. Tetapi Yesus menegur roh jahat itu dengan keras dan menyembuhkan anak itu lalu mengembalikannya kepada ayah-nya”

Firman Tuhan saat ini menjelaskan bahwa sang ayah tersebut membawa anaknya kepada Yesus dengan harapan penuh bahwa Dia akan menyembuhkan anaknya tanpa ragu dan dengan tegas dia berseruh kepada Yesus serta memohon agar Dia menolongnya dengan menyembuhkan anaknya dan Yesus melakukan seperti apa yang di mohonkan oleh ayah tersebut dan semua orang yang berada di situ menjadi takjub  melihat apa kuasa Allah yang dasyat sehingga roh jahat pergi meninggalkan anak yang sakit tersebut ketika Yesus menegur roh jahat tersebut.

Kebenaran firman Tuhan mau mengajarkan kepada kita semua bahwa ketika kita berada dalam penderitaan dan kesakitan kita tidak dapat mengandalkan kemampuan kita sendiri untuk memberikan kesembuhan bagi anak kita, saudara kita bahkan keluarga kita dan diri kita sendiri tetapi melalui firman Tuhan ini kita di kuatkan untuk selalu percaya dan berharap kepada Tuhan.

Kita harus percaya bahwa setiap pergumulan kita pasti di dengar oleh Tuhan bagi setiap kesakitan kita dan tidak ada alasan untuk berpaling kepada kuasa dunia atau roh-roh jahat melalui kaki tangannya yang justru tidak memberikan kelepasan dan kesembuhan tetapi justru membuat keadaan semakin perah.

Hanya Tuhan-lah yang mampu memberikan kesembuhan bagi setiap kesakitan kita. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar