Minggu, 09 Juli 2017

IBADAH MINGGU PAGI, 9 JULI 2017 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE


Ibadah Minggu Pagi, 9 Juli 2017 di GKI Siloam Sanoba Nabire di pimpin oleh Pdt.F. Samsanoy dengan mengambil pembacaan firman Tuhan dari kitab injil Markus 10:13-16 “Yesus memberkati anak-anak”

Membuka kotbahnya Pdt. F. Samsanoy mengatakan bahwa tujuan setiap orang membentuk keluarga adalah untuk memperoleh keturunan atau anak sebagai penerus kehidupan ini dan juga sudah barang tentu kita semua mempunyai keinginan agar anak-anak kita kelak nantinya akan hidup bahagia dan sukses di kemudian hari.

Demikian juga dengan pembacaan firman Tuhan saat ini di ceritakan bahwa ketika Yesus melihat anak-anak tersebut Yesus mengasihi mereka dan para orang tua mengantarkan anak-anak tersebut kepada Yesus dengan satu harapan agar Yesus menjamah atau memberkati mereka sehingga kelak mereka juga mempunyai kehidupan yang layak di mata Tuhan.

Diceritakan dalam ayat 13 “Lalu orang membawa anak-anak kecil kepada Yesus, suapaya ia menjamah mereka; akan tetapi murid-murid-Nya memarahi orang-orang itu”. Mungkin saja dalam pikiran para murid tersebut adalah kenapa orang-orang itu harus membawa anak-anak mereka kepada Yesus ?, seharusnya yang hadir di sini adalah hanya orang dewasa yang mengerti tentang firman Tuhan dan bukan anak-anak itu.

Melihat sikap para murid-Nya, Yesus menunjukkan sikap yang berbedah seperti diceritakan pada ayat ke 14 “Ketika Yesus melihat hal itu, Ia marah dan berkata kepada mereka: Biarkan anak-anak itu datang kepada-Ku, jangan menghalang-halangi mereka sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya kerajaan Allah”


Maksud dari pada Yesus berkata demikian pada ayat 14 adalah bahwa ketika kita semua ingin memiliki kerajaan Allah atau masuk sorga nantinya kita harus hidup dan mencontohi sikap dari pada anak-anak yang hidup dalam kepoloson dan penuh kekaguman terhadap kasih dan cinta Bapa Sorgawi.

Kerajaan sorga akan kita peroleh ketika kita semua merendahkan diri di mata Tuhan dan percaya kepada-Nya dengan kesungguhan hati serta kekaguman akan kasih setia-Nya bagi hidup kita dan inilah yang menjadi alasan kenapa Tuhan Yesus memarahi murid-murid-Nya yang berusaha mencegah anak-anak datang kepada-Nya.

Kebenaran firman saat ini mau mengajarkan kepada kita semua untuk hidup dengan merendahkan diri dan berlaku seperti anak kecil dalam cinta dan kasih serta kekaguman kita akan kebesaran Bapa Sorgawi yang kita sembah di dalam Yesus Kristus Tuhan kita agar kerajaan sorga kelak akan menjadi milik kita semua sebagaimana pesan Tuhan Yesus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar