IBADAH MINGGU PAGI, 1 NOVEMBER 2020 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE

Ibadah Minggu pagi, 1 November 2020 di GKI Siloam Sanoba Nabire dipimpin oleh Pdt.Sally Patty,S.Si dengan mengambil pembacaan firman Tuhan dari kitab Rut 1:11-22 dengan judul perikop “Rut dan Naomi”

Dalam kotbahnya Pdt.Sally Patty mengatakan bahwa kita mengetahui bahwa cara Tuhan terhadap umatnya memang sangat unik dan juga tidak dapat diduga oleh setiap umat manusia terkait apa yang menjadi rancangan Tuhan didalam kehidupan kita.

Dalam pembacaan firman Tuhan ini kita baca dan dapat kita pahami terkait awal mula dari kisah Rut dan Naomi hingga Rut dapat terus bersama-sama dengan Naomi dan inilah cara Tuhan yang luar biasa terhadap Rut dan mertuanya Naomi.

Dalam kisah ini kita membaca bahwa Elimelekh yang dalam bahasa Ibrani berarti “Allah adalah Raja” harus merantau keluar dari negerinya di Betlehem Yehuda dan pergi merantau ke negeri orang Moab beserta istri dan kedua anaknya Mahlon dan Kilyon agar mereka dapat terus hidup karena di tanah Israel ada kelaparan.

Kedua anak Elimelekh yakni Mahlon dan Kilyon mengambil perempuan Moab untuk menjadi istri mereka ketika Elimelkh telah meninggal ditanah Moab yakni Orpa dan Rut.

Kemudian kedua anak Elimelkh itu juga mati dengan tidak meninggalkan keturunan sehingga tinggalah Naomi beserta dengan kedua menantunya.

Dalam perjalanan kehidupan Naomi setelah suaminya dan juga kedua anaknya telah meninggal dia mengambil keputusan untuk pulang ke tanah leluhurnya di Betlehem Yehuda karena dia mendengar Allah telah membuat yang terbaik bagi Israel dengan memberikan makanan dan minuman.

Ketika Naomi mengambil keputusan untuk kembali ketanah leluhurnya di Betlehem Yehuda dia juga meminta kedua anak mantunya untuk kembali kerumah ibu mereka masing-masing.

Singkat cerita Orpa menuruti perkataan naomi dan kembali kerumah ibunya sementara Rut tetap tetap berpaut kepada Naomi dan tidak mau meninggalkannya dengan berkata dalam ayat ke-16 “Berkatalah Naomi: Janganlah desak aku meninggalkan engkau dan puang dengan tidak mengikuti engkau; sebab kemana engkau pergi, ke situ jugalah aku pergi, dan dimana engkau bermalam, di situ juga aku bermalam:bangsamulah bangsaku dan Allahmulah Allahku”

Rut tidak ingin berpisah dari Naomi dan dia tetap mengikuti Naomi kemanapun dia pergi.

Keteguhan hati Rutlah membuat dia dicatat dalam Alkitab karena imannya yang tidak tergoyahkan dan Alkitab mencatat bahwa dari Rutlah yang menurunkan keturunan hingga Daud yang sangat disegani sebagai raja Israel ke dua yang hebat dan bergaul erat dengan Allah bahkan oleh keturunannyalah hingga lahir Yesus Kristus “Mesias” Tuhan kita dalam wujudNya sebagai manusia.

Ibadah juga diisi dengan kesaksian lagu oleh VG PAM Siloam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IBADAH MINGGU PAGI, MINGGU SENGSARA KE-7, 20 MARET 2016 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE

IBADAH SYUKUR PENAMATAN TK BESAR GKI SILOAM SANOBA TAHUN AJARAN 2018/2019

PEMBUKAAN SIDANG JEMAAT KE-II GKI SILOAM SANOBA NABIRE, KAMIS 28 JANUARI 2016