Minggu, 21 Juni 2015

IBADAH MINGGU PAGI, 21 JUNI 2015 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE

Ibadah Minggu Pagi, 21 juni 2015 di Jemaat GKI Siloam Sanoba Nabire
Pembacaan Firman : Amsal 22-16
Nats Firman Amsal 22 : 1 “Nama baik lebih berharga dari pada kekayaan besar, dikasihi orang lebih baik dari pada perak dan emas.
Pelayan Firman : Grj. G. Kemo

Berbicara mengenai nama atau identitas seseorang, kita semua sepakat bahwa nama mewakili karakter dari pada orang yang menyandangnya. Ketika manusia dilahirkan, orang tua akan mencari dan memberikan nama kepada anaknya, biasanya nama tersebut diambil dari tokoh-tokoh besar baik di alkitab maupun pemimpin politik, bahkan juga nama yang terdapat dalam sisilah keluarga tersebut.

Orang bijak mengatakan “Apa arti sebuah nama”
Nama seseorang mewakili karakter orang tersebut bahkan seluruh hidup dan harga diri orang yang menyandangnya.

Salomo sebagai penulis kitab Amsal dan juga seorang raja mengetahui bahwa nama yang melekat pada setiap individu lebih berharga dari pada harta kekayaan apapun.
Sehingga setiap orang bertanggung jawab untuk menjaga nama baiknya dengan tidak melakukan hal-hal yang tercela, agar nama orang tersebut tetap baik dan dihargai.

Sabagaimana kata Raja Salomo, Perak dan emas tidaklah berarti jika di sandingkan dengan nama baik,  harga diri sebagai manusi dan juga mahluk ciptaan Tuhan yang mulia tidak dapat dibeli atau ditukarkan dengan bendah apapun.

Banyak orang dewasa ini berusaha untuk menjaga nama baik mereka dengan melakukan berbagai hal agar dihargai oleh orang, dan tidak sedikit yang melakukan hal-hal yang tidak pantas untuk memperoleh nama baik atau namanya menjadi terkenal seperti pergi ke dukun dan menggunakan kuasa-kuasa kegelapan agar orang menjadi simpati terhadap dia, serta berlaku baik dengan memberikan sedekah tapi ternyata uang yang diperoleh merupakan hasil tindak kejahatan korupsi.

Sebagai orang kristen kita tidaklah dituntut untuk melakukan hal-hal tersebut karena Tuhan mengetahui setiap pribadi kita. Yang dituntut oleh Tuhan adalah bahwa sebagai orang kristen kita harus menunjukan cir-ciri pengikut Kristus Yesus yakni menjaga perbuatan kita agar tidak ternodah dan tercela serta mengasihi Tuhan dengan segenap hati dan jiwa kita, maka didalam pendangan manusia dan Tuhan nama kita tetap baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar