IBADAH MINGGU PAGI, 16 AGUSTUS 2015 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE

Ibadah Minggu Pagi, 16 Agustus 2015 di GKI Siloam Sanoba
Pembacaan Firman Tuhan Galatia 5:1-15 “Kemerdekaan Kristen”
Pelayan Firman Pnt. L Sirloy

Kemerdekaan adalah situasi bebas dan lega tanpa ada suatu tekanan, seperti juga bangsa Indonesia pada17 Agustus 1945 atau 70 Tahun yang lalu dapat memproklamirkan kemerdekaan Indonesia melalui deklator kemerdekaan Sukarno dan Hatta setelah sekian lama berjuang melawan kesewenang-wenangan penjajah serta sekaligus menunjukan kepada bangsa lainnya di dunia bahwa kita adalah bangsa yang merdeka dan tidak lagi berada dalam situasi penjajahan yang justru merugikan.

Alam kebebasan dalam kemerdekaan membuat kita dapat menikmati berbagai kemudahan dalam kehidupan  bersosial, ekonomi serta pemerintahan dan juga politik, bahkan juga hak-hak kita sebagai warga negara diatur dalam konstitusi dan dijamin oleh negara bagi setiap warga negara.

Pembacaan firman Tuhan saat ini dalam Galatia 5:1-15 dengan judul “Kemerdekaan Kristen” memberi jaminan keselamatan kepada kita lebih dari sekedar merdeka secara Sosial, ekonomi, pemerintahan dan juga politik bahkan hak-hak pribadi kita. Kemerdekaan Kristen menjamin hidup kekal di sorga bersama Allah selamanya.

Sebagai orang kristen kita telah di merdekakan secara iman melalui pengorbanan Tuhan Yesus Kristus diatas kayu salib. Pengorbanan Kristus lebih dari pada segalah-galahnya, kita yang dahulu hidup dalam perbudakan dosa dan juga keputusasaan karena terpisah dari hadirat Allah Yang Hidup, kini telah menerima kembali kemerdekaan sebagai orang-orang pilihan yang kelak akan mewarisi kerajaan sorga, bukan oleh perjuangan atau jeripayah kita tetapi oleh kasih karunia Allah.

Paulus sebagai penulis kitab Galatia oleh tuntunan Roh Kudus sebagaimana dalam pembacaan firman Tuhan saat ini lebih menekankan kepada kita untuk melakukan hal-hal rohania ketimbang hal-hal lahiria dengan simbol-simbol fisik, karena kemerdekaan sejati ada didalam hati kita.

Sebagai orang kristen hendaklah kita menggunakan kemerdekaan kita yang telah diberikan oleh Allah dengan cuma-cuma secara hati-hati, dan tidak melakukan dosa dengan kebebasan kita, karena tuntutan bagi orang merdeka yang telah ditebus apabilah jatuh kedalam dosa lebih besar dari pada mereka yang sama sekali tidak mengetahui kasih karunia Allah dan masi hidup dalam perhambaan dosa.

Hendaklah kita saling mengasihi seorang akan yang lain untuk menyempurnakan kemerdekaan kita di dalam Kristus Yesus.

Ibadah juga diisi dengan kesaksian lagu oleh VG.WYIK 1 GKI Siloam

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IBADAH MINGGU PAGI, MINGGU SENGSARA KE-7, 20 MARET 2016 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE

IBADAH SYUKUR PENAMATAN TK BESAR GKI SILOAM SANOBA TAHUN AJARAN 2018/2019

PEMBUKAAN SIDANG JEMAAT KE-II GKI SILOAM SANOBA NABIRE, KAMIS 28 JANUARI 2016