IBADAH MINGGU PAGI, 9 AGUSTUS 2015 DI GKI PAULUS SANOBA PANTAI

Ibadah Minggu Pagi, 9 Agustus 2015 di GKI Paulus Sanoba Pantai
Pembacaan Firman Tuhan Yesaya 58:1-12 “Kesalehan yang palsu dan sejati”
Pelayan Firman Pdt.Linda Upessy,S.Th,M.Pd

Jika kepada kita ditanya penahkah kita mencari Tuhan Allah dalam hidup ini ? Pasti kita akan berkata bahwa ya kita mencari Allah di dalam doa kita dan juga kehadiran kita didalam rumah ibadah.
Sebagaimana Firman Tuhan dalam Matius 7:7 “Mintalah,maka akan diberikan kepadamu, carilah, maka kamu akan mendapat, ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu”
Dengan demikian maka kata-kata fotum dan salam yang didampaikan oleh pelayan diatas mimbar-pun menunjukan kehadiran Allah.

Pernakah kita berpikir bahwa ibadah kita tidak didengar oleg Allah ?
Ya bahwa Allah kadang tidak mendengarkan ibadah dan doa kita. Mengapa ?
Melalui pembacaan Firman Tuhan saat ini kita diajarkan untuk dapat mengetahui sebab mengapa ibadah dan doa kita tidak didengar oleh Allah.
Ayat 1 “serukanlah kuat-kuat jangan tahan-tahan! Nyaringkanlah suaramu bagaikan sangkakala, beritakanlah kepada umat-Ku pelanggaran mereka dan kepada kaum keturunan Yakub dosa meraka!
Dengan jelas dikatakan bahwa karena pelanggaran dan dosa sehingga Allah tidak berkenan akan ibadah dan juga doa umat Israel bahkan kita semua.
Pada ayat 2 dan 3 dalam pembacaan Firman Tuhan saat ini merupakan penjelasan dari ayat 1.

Puasa bagi orang kristen sangatlah penting sebagaimana di jelaskan dalam pasal 6 dan 7 bahwa puasa yang benar dan di kehendaki oleh Allah adalah bahwa kita harus membuka belenggu kelaliman dan  melepaskan tali-tali kuk, memerdekakan orang yang teraniaya dan mematahkan setiap kuk serta memecah-mecah rotimu bagi orang yang lapar dan membawa kerumahmu orang miskin yang tak punya rumah, dan apabilah engkau melihat orang telanjang supaya engkau memberikan dia pakaian.

Itulah perbuatan yang berkenan kepada Allah sehingga Ia selalu mendengar setiap Ibadah dan doa kita.
Maksud Allah bahwa ibadah kita tidak terbatas hanya mencari Dia pada waktu-waktu ibadah, baik di hari minggu maupun pada ibadah-ibadah unsur yang kita laksanakan, tetapi ibadah yang berkenan kepada Allah adalah menyangkut seluruh hidup kita.

Sebagai upaya dari ibadah yang kita jalani dengan benar dan berkenan kepada Allah maka jawabannya akan kita dapati pada ayat 8-12 pembacaan Firman Tuhan saat ini dimana dikatakan bahwa terangmu akan merekah seperti fajar dan lukamu akan pulih dengan segera; kebenaran menjadi barisan depanmu dan kemuliahan Tuhan barisan belakangmu. Pada waktu itu ekngkau memanggil Tuhan dan dia akan menjawabmu, engkau akan berteriak minta tolong dan Dia akan berkata: ini Aku!

Bagian Firman Tuhan ini-pun di tujukan kepada kita, bahwa semakin  banyak gedung gereja dibangun dan juga jumlah orang percaya tetapi kejahatanpun semakin bertambah bahkan jemaat sulit berkembang, patut menjadi perenungan bagi kita. Dalam kedudukan kita sudahkah kita mencari Tuhan dengan segenap hati kita dalam panggilan kita masing-masing dengan memberi diri melayani dengan hati serta hidup kita, ataukah kepentingan kita masing-masing kita bawa kedalam pelayan kita ?
Klau kepentingan kita yang kita utamakan maka Allah tidak akan berkenan akan semua ibadah dan juga doa kita.
Bagian ini tidak dimaksudkan untuk menekankan kepada kita bahwa ibadah kita tidak penting, tetapi yang tepat adalah ibadah sangat penting jika dilakukan sesuai dengan kehendak Allah.

Ketika kita ingin berada dalam berkat Tuhan maka kita harus membawa hati dan seluruh hidup kita kepada Tuhan agar supaya yang kita lakukan dalam hidup kita menjadi kesaksian dan berkat bagi banyak orang.
Dalam ibadah kali ini juga dilakukan serah terima Jabatan Ketua Majelis Jemaat GKI Paulus Sanoba Pantai dari Pdt.Ema Windesi,S.Pak kepada Pdt.Sintia Kurdouw,STh yang disaksikan oleh Sekretaris Badan Pekerja Klasis GKI Paniai Pd.Linda Upessy,S.Th,M.Pd

Pdt.Ema Windesi,S.Pak dalam sambutannya menyampaikan banyak terima kasih kepada warga jemaat GKI Paulus Sanoba Pantai bahwa kurang lebih 5 Tahun berada di Jemaat Paulus dan dipercayakan oleh Klasis GKI Paniai dan saat ini atas kehendak Tuhan menyerahkan tugas dan tanggungjawab sebagai Ketua Jemaat kepada Pdt.Sintia Kurdouw,STh

Sementara Sekretaris Klasis GKI Paniai Pdt.Linda Upessy,STh,MPd dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Pdt.Ema Windesi,S.Pak atas pelayan selama 5 tahun di jemaat GKI Paulus Sanoba Pantai dan juga ucapan selamat kepada kepada Pdt.Sintia Kurdouw yang telah resmi menjabat sebagai Ketua Majelis Jemaat GKI Paulus Sanoba Pantai.

Pdt.Linda Upessy,STh,MPd juga mengatakan bahwa roling pendeta atau pelayan adalah sesuatu yang umum dilakukan guna pekerjaan dan pertumbuhan pelayanan, sehingga tidak perlu di permasalahkan.
Bukan Jemaat saja yang membutuhkan penyegaran tetapi pelayan juga membutuhkan hal yang sama sehingga mutasi kali ini harus direspon dengan puji syukur kepada Tuhan.
Harapan kepada jemaat GKI Paulus sanoba Pantai agar menerima pelayan yang baru sebagai saudara yang akan bekerja bersama-sama dengan majelis jemaat dan juga unsur-unsur jemaat dalam pelayanan di Jemaat GKI Paulus Sanoba Pantai.

Jadwal Serah Terima Jabatan Ketua Majelis Jemaat Se-Klasis GKI Paniai berdasarkan surat Badan Pekerja Klasis GKI Paniai No:004/A-5.1/G-16.c/VII/2015

Minggu, 9 Agustus 2015
1.       Pdt.M.Marani,SSi  kepada  Pdt.Isni Kadun,STh di  GKI Yudea Wagethe
2.       Pdt.Yonathan Bisai STh  kepada  Pdt.Welem Fairyo,STh di GKI Solafide KPR
3.       Pdt.F.Raru,SSi  kepada  Pdt.Mariani Tambunan,STh di GKI I.S. Kijne Wadio
4.       Pdt.Ema Windesi,S.Pak  kepada  Pdt.Sintia Kurdouw,STh di GKI Paulus Sanoba Pantai
5.       Pdt.Laban Wuarlela,STh  kepada  Pdt.M.Amasaman,STh di GKI Sion Kampung Harapan

Minggu, 16 Agustus 2015
1.       Pdt.Welwm Fairyo,STh  kepada  Pdt.Y.Tokoro,STh di GKI Tabernabakel Oyehe
2.       Pdt.Febi Latuheru,STh  kepada  Pdt.M.Marani di GKI Viadolorosa Yonif 753
3.       Grj.Y.Rarawi  kepada  Pdt.F.Raru,SSi di GKI Ebenheizer Sima
4.       Pdt.M.Amasaman,STh  kepada  Pdt.Ema Windesi,S.Pak di GKI Bethania Asdim Siriwini
5.       Pdt.A.Ngangangor,SSi  kepada  Pdt.M.Lawalata,STh di GKI Ichtus Siriwini
6.       Pdt.Y.Bisai,STh diserahkan pada jemaat di GKI Eklesia Ilaga

Minggu, 23 Agustus 2015
1.       Pdt.M.Lawalata,STh  kepada  Pdt.A.Ngangangor,SSi di GKI Silo Kalibobo
2.       Grj.Y.Rarawi diserahkan pada jemaat di GKI Imanuel Kwatisore
3.       Pdt.Y.Tokoro,S.Th  kepada  Pdt.Y.Sikawael,STh di GKI Imanuel Kota Lama

Minggu, 30 Agustus 2015
1.       Pdt.Y.Sikawael,STh  kepada  Pdt.Laban Wuarlela,STh di GKI Imanuel Kota Lama
2.       Pdt.Feby Latuheru,STh  kepada  Jemaat di GKI Imanuel Kota Lama

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IBADAH MINGGU PAGI, MINGGU SENGSARA KE-7, 20 MARET 2016 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE

IBADAH SYUKUR PENAMATAN TK BESAR GKI SILOAM SANOBA TAHUN AJARAN 2018/2019

PEMBUKAAN SIDANG JEMAAT KE-II GKI SILOAM SANOBA NABIRE, KAMIS 28 JANUARI 2016