Selasa, 04 Agustus 2015

IBADAH PEMBUKAAN KEGIATAN PELATIHAN PEMBINAAN BAGI UNSUR-UNSUR JEMAAT SE-KLASIS GKI PANIAI, 4 AGUSTUS 2015 SI GKI SOLAFIDE KPR NABARUA

Ibadah Pembukaan Kegiatan Pembinaan bagi Unsur-Unsur Jemaat  se-Klasis GKI Paniai di Pusatkan di GKI Solafide KPR Nabarua
Pembacaan Firman Matius:10:7-9 “Yesus mengutus ke dua belas murid”
Pelayan Firman Pdt.H.Wonatorey

Dalam pembacaan Firman Tuhan saat ini di sana dikatakan bahwa Tuhan Yesus memberikan perintah kepada murid-murid-Nya untuk melakukan kehendak-Nya yakni memberitakan kerajaan sorga sudah dekat, menyembuhkan penyakit, membangkitkan orang mati, tahirkanlah orang kusta dan mengusir setan-setan.

Sebagaimana perintah Tuhan Yesus tersebut menempatkan pemberitaan firman sebagai perintah utama. Mengapa perintah ini sangat penting dan ditekankan kepada kita semua ? Jawabannya adalah kerajaan sorga sudah dekat, Raja diatas segalah raja akan datang dan agar semua orang diselamatkan  oleh pemberitaan injil tersebut.

Tuhan Yesus sangat ingin agar semua orang di selamatkan dan jangan ada yang binasa, karena untuk maksud tersebut Dia telah datang kedalam dunia 2000 tahun yang lalu untuk menebus dosa semua umat manusia.

Kini Tuhan Yesus berada di sorga serta menginginkan agar kita semua meneruskan tugas pemberitaan injil kerajaan sorga tersebut dalam berbagai tugas dan tanggungjawab yang kita jalani.
Hari ini akan dilakukan pembinaan bagi unsur-unsur jemaat se-Klasis GKI Paniia selama 2 hari yakni hari ini dan besokyang mana untuk maksud dan tujuan tersebut kita berada dan berkumpul disini.

Kadang kala sebagai badan pelayan unsur di jemaat, baik unsur PKB, PW, PAM dan PAR kita merasa tidak mampu, putus asa, stres bahkan merasa di kucilkan, tetapi janganlah kita berkecil hati karena Tuhan Yesus sesuai dengan janjinya di dalam ayat 10 pada pembacaan Firman saat ini “Janganlah kamu membawa bekal dalam perjalanan, janganlah kamu membawa baju dua helai, kasut atau tongkat sebab sebab seorang pekerja patut mendapat upanya”

Setiap pekerjaan pasti ada upanya dan kita yang bekerja diladang Tuhan pasti akan mendapat kasih karunia Tuhan. Ketika kita mempunyai niat yang tulus tidak ada satupun yang dapat menghalangi kita.

Saudara sekalian adalah kelompok orang yang mengasihi Tuhan dan memberi diri untuk pekerjaan Tuhan dan Tuhan pasti akan mengasihi saudara sekalian.
(Band Ayat 42 “Dan barang siapa memberi air sejuk secangkir saja pun kepada salah seorang yang kecil ini, karena ia murid-Ku, Aku berkata kepadamu:sesungguhnya ia tidak akan kehilangan upahnya dari padanya” 
Sementara Ketua Klasis GKI Paniai yang di Wakili Wakil Sekretaris Klasis GKI Paniai Mesak Mofu dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan pelatihan bagi unsur-unsur jemaat ini merupakan program Klasis GKI Paniai yang telah di tetapkan pada Raker III Klasis GKI Pania Tahun 2015 di GKI Ebenheizer Sima pada bulan Februari lalu.

Kegiatan pelatihan ini dimaksudkan agar melihat kembali pelayanan di Unsur PKB, PW, PAM dan PAR dalam jemaat GKI se-Klasis GKI Paniai dengan mengacu pada beban pelayanan dalam gereja secara baik dan terstruktur.
Kadang kalah unsur melaksanakan kegiatan yang sebenarnya melenceng dari tata Gereja GKI di Tanah Papua sehingga dipandang perlu oleh Klasis GKI Paniai untuk melaksanakan pelatihan ini dan menggali masukan dan diskusi tentang pelayanan unsur.

Badan pelayan unsur PKB, PW, PAM dam PAR adalah unsur penopang atau pilar utama gereja, sehingga setiap pengurus unsur harus memahami tugas dan fungsi serta pelayanan dan tata gereja GKI di Tanah Papua dengan baik.

Mesak Mofu berharap peserta dapat serius mengikuti kegiatan pelatihan ini dan bagi para penyaji dapat menyampaikan materi dengan tepat kepada unsur masing-masing, serta diharapkan metode yang disampaikan dapat di serap dengan baik.

Materi Pelatihan
Hari pertama, Selasa 4 Agustus 2015
ü  Program pelayanan Unsur-Unsur di Tingkat Sinode
ü  Kedudukan unsur dalam struktur sesuai Peraturan tentang struktur organisasi GKI di Tanah Papua
ü  Pedoman Pelayanan Unsur
Hari Kedua, Rabu 5 Agustus 2015
ü  Cara menyusun program kerja Unsur-Unsur
ü  Pelayanan unsur, ibadah dan liturgi
ü  Sharing seputar kegiatan Unsur-Unsur di Tingkat Jemaat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar