IBADAH MINGGU PAGI 20 SEPTEMBER 2015 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE

Ibadah Minggu Pagi, 20 September 2015 di GKI Siloam Sanoba Nabire
Pembacaan Firman Tuhan Roma 10:4-15 “Kebenaran karena iman”
Pelayan Firman Pnt.L.Sirloy

Kitab Roma berisikan surat Rasul Paulus yang di kirim kepada jemaat kristen di Roma, saat Paulus menulis dan mengirimkan suratnya tersebut, Roma merupakan sebuah kota yang besar dan maju dalam peradaban serta politik dan pemerintahan.
Banyak cendekiawan dan kaum cerdik pandai juga berdiam di Roma, serta terdapat beberapa agama dan aliran kepercayaan yang saat itu di anut oleh orang Roma, diantaranya agama Yahudi, Kristen, Yunani serta kepercayaan lainnya.

Kehidupan orang Kristen di Roma-pun tidak terlepas dari pengaruh keberadaan agama dan aliran kepercayaan  tersebut yang secara langsung mempengaruhi iman dan kepercayaan umat kristen, sehingga mengharuskan Paulus untuk menulis dan mengirimkan suratnya kepada jemaat di Roma guna memberikan pemahaman  serta menguatkan iman dan percaya mereka kepada Yesus Kristus yang adalah Sang Mesias yang di beritakan di dalam Taurat. Sehingga umat Kristen di Roma tidak perlu kuatir dan ragu akan ke-Ilahian Yesus seperti yang di ajarkan oleh mereka yang tidak percaya kepada kematian dan kebangkitan Yesus Kristus.

Paulus menekankan justru melalui Yesus Kristus semua umat manusia memperoleh keselamatan kekal (Band ayat 9: “Jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati maka kamu akan diselamatkan”)

Kebenaran Firman Tuhan saat ini juga mau mengajarkan kepada kita bahwa walaupun kita hidup di jaman serba modern serta kemajuan tehnologi yang demikian pesat, hendaklah iman dan kepercayaan kita tidak kendor atau berkurang dari pemahaman kita terhadap Yesus Kristus, bahwa Dia adalah Mesias yang di janjikan oleh Allah dan oleh Dia ada keselamatan umat manusia.

Kita adalah umat Israel rohani yang di pilih oleh Allah untuk menerima keselamatan abadi tersebut, tetapi hendaklah kita jangan hanya berdiam diri dan menyimpan keselamatan tersebut buat diri kita sendiri seperti yang dilakukan umat Yahudi bahwa pengajaran akan Taurat hanya mereka bagikan atau ajarkan di dalam Sinagoge atau tempat ibadah mereka dan tidak berupaya memberitakannya kepada bangsa lainnya.
Tetapi hendaklah kita menggunakan segalah kemampuan yang kita miliki untuk bersaksi dan mewartakan Firman Tuhan sampai ke ujung bumi sebagaimana yang di inginkan oleh Tuhan.

Ibadah juga di isi dengan kesaksian lagu oleh VG. Sandiki dan VG. Majelis GKI Siloam Sanoba 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IBADAH MINGGU PAGI, MINGGU SENGSARA KE-7, 20 MARET 2016 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE

IBADAH SYUKUR PENAMATAN TK BESAR GKI SILOAM SANOBA TAHUN AJARAN 2018/2019

PEMBUKAAN SIDANG JEMAAT KE-II GKI SILOAM SANOBA NABIRE, KAMIS 28 JANUARI 2016