Minggu, 14 Agustus 2016

IBADAH MINGGU PAGI 14 AGUSTUS 2016 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE


Ibadah Minggu Pagi, 14 agustus 2016 di GKI Siloam Sanoba yang di pimpin oleh Pdt. F. Samsanoy, S.Th dengan mengambil pembacaan firman Tuhan dari kitab Mazmur 104:24-35 “Kebesaran Tuhan dalam segalah ciptaan-Nya”

Mengawali kotbahnya Pdt.F.Samsanoy mengatakan bahwa kitab Mazmur 104 berbicara tentang kebesaran Tuhan dalam ciptaan-Nya sebagaimana judul dari pembabacaan firman Tuhan saat minggu pagi hari ini.

Dan khusus ayatnya yang ke 24 sampai 26 berbicara tentang Tuhan Maha Bijak yang di sampaikan oleh pemazmur terkait kekagumannya atas segalah perbuatan Tuhan.

Isi seruan ini lebih bermaknah kalau orang mulai merenungkan perbuatan-perbuataan Tuhan atas ciptaan-Nya yang luar biasa serta mengagumi-Nya

Pemazmur melihat bahwa apa yang di ciptakan oleh Tuhan itu sangat baik bagi kehidupan umat manusia, serta mengajak semua umat untuk tetap memuji dan mengagungkan Tuhan atas ciptaan-Nya bahwa dengan kebijaksanaan-Nya, Dia telah menjadikan segalah sesuatu untuk keperluan dan kehidupan kita manusia.

Ayatnya yang ke 27 hingga  ayatnya yang ke 30 mau berbicara tentang Tuhan pemberi hidup, dimana pemazmur telah menguraikan tentang perbuatan perbuatan Tuhan di langit, darat dan laut serta kebesaran dan kebijaksanaan Tuhan yang tak terpahami.

Bahwa segalah sesuatu bergantung kepada Tuhan dan Dia-lah yang memberi makan segalahnya seperti bangsa Israel memungut mana di padang gurun saat mereka keluar dari tanah Mesir.

Tuhanlah yang telah memberikan hidup ini kepada semuanya baik manusia, hewan dan tumbuh-tumbuhan. Dan kalau kita tahu bahwa hidup ini di berikan oleh Tuhan maka kita harus memuji dan memuliakan kebesaran nama-Nya dalam setiap langkah kehidupan kita masing-masing.

Demikian juga tumbuh-tumbuhan dan hewan yang telah Tuhan jadikan, kita harus menjaga dan merawat semua ciptahan Tuhan itu.

Sebagai contoh ikan yang Tuhan jadikan adalah untuk kepentingan manusia, namun harus di tangkap dengan cara yang legal sesuai kebutuhan agar kelangsungan hidup ikan itu terjaga, baik dengan mancing atau menebar jalah dan bukan dengan menebar racun atau bom karena cara demikian hanya akan merusak semua yang ada di dalam laut baik ikan, terumbuh karang, plangton dan semua makhluk hidup lainnya.


Demikian juga dengan hewan serta tumbuh-tumbuhan di darat harus di kelolah dengan penuh tanggung jawab.

Kebenaran firman Tuhan saat ini mau mengajar serta mengingatkan kita sebagai orang percaya untuk memuliakan Tuhan selalu akan segalah ciptaan-nya yang luar biasa dan harus bertanggung jawab atas kelangsungan hidup makhluk hidup di bumi ini baik tumbuh-tumbuhan dan hewan serta kekayaan alam lainnya sebagai ciptaan Tuhan yang harus di jaga dan di pergunakan dengan penuh rasa tanggung jawab. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar