IBADAH MINGGU ADVENT I, 27 NOVEMBER 2016 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE


Ibadah Minggu Pagi, 27 November 2016 di GKI Siloam Sanoba Nabire di pimpin oleh Pdt. F. Samsanoy,S.Th dengan mengambil pembacaan firman Tuhan dari kitab Hakim-Hakim-Hakim 4:1-10 “Debora dan Barak”

Pembacaan firman Tuhan saat ini masi bercerita tentang kisah pahlawan di Israel yang di bangkitkan Tuhan Allah untuk membebaskan mereka dari penindasan bangsa-bangsa di sekitar mereka.

Sebelumnya kita juga telah membaca kisah kepahlawanan Otniel dan Ehud yang di pilih dan di pakai oleh Tuhan untuk membebaskan bangsa Israel dari penindasan.

Firman Tuhan saat ini masi bercerita juga tentang kelemahan dan kekurangan bangsa Israel yang selalu jatuh ke dalam dosa ketika orang yang di utus Tuhan sebagai pahlawan atau hakim yang membebaskan bangsa Israel dari pedindasan bangsa-bangsa di sekitar mereka telah meninggal maka kecenderungan hati mereka untuk berbuat kejahatan dan jatuh dalam dosa kepada Tuhan karena tidak mendengar dan menuruti segalah firman dan perintah-Nya.

Seharusnya bangsa Israel menyadari dan merenung hidup mereka bahwa ketika Tuhan membawa mereka keluar dari tanah perbudakan di Mesir, melewati padang gurun yang ganas dan kemenangan dalam peperangan terhadap bangsa-bangsa yang jauh lebih kuat dari mereka, serta mujizat-mujizat yang dasyat di buat oleh Tuhan, hingga Dia menibahkan mereka di tanah perjanjian setelah empat puluh tahun perjalanan mereka.

Seharusnya kebaikan yang harus mereka lakukan kepada Tuhan dengan hidup sesuai dengan firman dan perintah-Nya dan bukan kejelekan, kenajisan, kemunafikan dan kejahatan.


Pembacaan firman Tuhan saat ini pada ayat 1dan 2 di katakan bahwa “Setelah Ehud mati, orang Israel melakukan apa yang jahat di mata Tuhan, lalu Tuhan menyerahkan mereka kedalam tangan Yabin, raja Kanaan yang memerintah di Hazor. Panglima tentaranya ialah Sisera yang diam di Haroset-Hagoyim”.

Orang israel berada dalam penindasan Yabin melalui panglimanya Sisera dan ketika mereka telah putus asa, mereka berseru kepada Tuhan dan Ia mengutus Barak melalui perantara nabia Debora. Dan melalui Barak Tuhan membebaskan bangsa Israel dari penindasan Yabin raja Kanaan dan Sisera panglimanya, walau bukan Barak yang membunuh Sisera karena telah meragukan firman Tuhan yang sampaikan melalui nabia Debora

Kebenaran firman Tuhan mau mengajarkan kepada kita semua bahwa saat ini kita berada di minggu advent ke-I, minggu persiapan kelahiran Kristus Yesus sebagai Putra Natal yang hadir di tengah-tengah dunia membawa kedamaian bagi setiap orang percaya.

Hal-hal duniawi yang penuh dengan dosa marilah kita tinggalkan agar kita dapat menerima kelahiran Yesus Sang Putra Natal di hati kita. Yang harus kita pahami kenapa Yesus mau datang ke dunia ini sebagai manusia untuk menebus dosa kita sedang kita telah banyak melakukan kesalahan dan kejahatan kepada Dia ?
Jawaban dari semuanya adalah bahwa Tuhan kita itu penuh kasih, sama seperti bangsa Israel pada zaman Hakim-Hakim selalu dan terus berbuat doa kepada Dia, namun selalu ada pengampunan bagi mereka.

Demikian juga dengan hidup kita saat ini, bahwa Tuhan Allah tetap mengasihi kita bahkan Dia mengutus anakNya yang tunggal yaitu Yesus Tuhan kita untuk lahir kedalam dunia dan di hati kita serta melepaskan kita dari perhambaan kepada dosa dan menuntun kepada hidup kekal di sorga yang abadi.


Ibadah juga di isi dengan kesaksian lagu VG. WYK 2 Siloam dan Duet PW Betania Asdim Siriwini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IBADAH MINGGU PAGI, MINGGU SENGSARA KE-7, 20 MARET 2016 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE

IBADAH SYUKUR PENAMATAN TK BESAR GKI SILOAM SANOBA TAHUN AJARAN 2018/2019

PEMBUKAAN SIDANG JEMAAT KE-II GKI SILOAM SANOBA NABIRE, KAMIS 28 JANUARI 2016