Minggu, 13 November 2016

IBADAH MINGGU PAGI, 13 NOVEMBER 2016 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE


Ibadah Minggu Pagi, 13 November 2016 di GKI Siloam Sanoba Nabire di pimpin oleh Pnt, L.Sirloy dengan mengambil pembacaan firman Tuhan dari kitab Hakim-Hakim 3:7-11 “Otniel”

Dalam kotbahnya Pnt. L.Sirloy mengatakan bahwa pernyataan Allah secara garis besar ada dua yakni secara umum dan secara khusus. Pernyataan Allah secara umum yaitu melalui karya ciptaan, melalui kuasa dan pemeliharaan-Nya dan dapat kita ihat dan rasakan di hidup kita seperti hewan, tumbuh-tumbuhan, laut dan lain sebagainya. Sementara pernyataan khusus dari Allah adalah bahwa Ia menyatakan diriNya melalui Yesus Kristus.

Setelah manusia jatuh di dalam dosa, Allah terus memanggil manusia melalui karya-karya-Nya diantaranya melalui para nabi dan juga orang-orang tertentu serta melalui suatu bangsa dan yang paling agung adalah melalui Yesus Kristus Tuhan kita.

Alasan Allah melakukan semua ini adalah supaya umat manusia dapat menerima anugerah Allah melalui pengampunan dan kehidupan yang kekal, karena kita sebagaimana kita ketahui bahwa ketika hidup manusia berada dalam dosa maka jarak yang terbentang antara Allah dengan kita sangat jauh.

Kembali pada pembacaan firman Tuhan saat ini yang merupakan cerita tentang kepahlawan Otniel yang merupakan pahlawan pertama dari bangsa Israel yang di pilih oleh Allah untuk membebaskan umat-Nya yang saat itu takluk kepada Kusyan-Risyataim raja Aram-Mesopotamia dan menjadi budaknya.

Alasan Allah menjual bangsa Israel kepada raja Aram-Mesopotamia tersebut karena mereka melakukan apa yang jahat di mata-Nya dan beribadah kepada para Baal dan Asyera. Hal ini terdapat dalam ayat 7 & 8: “Orang Israel melakukan apa yang jahat di mata TUHAN, Allah mereka, dan beribadah kepada para Baal dan para Asyera. Lalu bangkitlah murka TUHAN  terhadap orang Israel, sehingga Ia menjual mereka kepada Kusyan-Risyataim, raja Aram-Mesopotamia dan orang Israel menjadi takluk kepada Kusyan-Risyataim delapan tahun lamanya”.


Kalau kita melihat sejarah dan perjalanan bangsa Israel bahwa mereka kerap kali melakukan kejahatan dan tidak setia terhadap firman Tuhan dan konsekwensi yang harus mereka terima adalah bahwa Dia akan membiarkan bangsa-bangsa lain di sekitar mereka menaklukan bahkan menjajah serta memperbudak mereka.

Biasanya bangsa Israel akan menyadari tentang penderitaan mereka tersebut dan dalam keputus asaan mereka mulai berdoa kepada Allah dan Dia akan mengutus seorang pahlawan sebagaimana pada pembacaan firman Tuhan saat ini Otniel diutus Tuhan untuk menjadi pahlawan bagi mereka hingga pada akhirnya mereka menang dengan berhasil membunuh Kusyan-Risyataim raja Aram-Mesopatamia tersebut sehingga mereka hidup senang dan aman dalam kepemimpinan Otniel selama empat puluh tahun.

Kebenaran firman Tuhan saat ini mau mengajarkan kepada kita semua bahwa ketika umat Israel melakukan dosa Allah tetap mengasihi mereka dan menjamin pengampunan bagi mereka dengan mengutus para pahlawan untuk membebaskan mereka dari para penindas.

Demikian juga dengan kehidupan kita saat ini bahwa Allah telah memberikan kepada kita Pahlawan yang telah memerdekakan kita dari penindasan serta perbudakan dosa, melalui pengorbanan-Nya diatas kayu salib dengan darah yang mahal Dia menebus dosa kita, Dialah Tuhan Yesus Kristus “Pahlawan Iman kita”.

Ibadah juga di isi dengan kesaksian lagu oleh solo PW GKI Bentania Asdim Siriwini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar