IBADAH AKHIR BULAN OKTOBER 2017 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE


Ibadah Akhir Bulan Oktober 2017 di GKI Siloam Sanoba Nabire di pimpin oleh Pnt. Daud Buiney dengan mengambil pembacaan firman Tuhan dari kitab Injil Yohanes 15:1-8 “Pokok anggur yang benar”

Membuka kotbahnya Pnt. Daud Buiney mengatakan bahwa sebagai umat Tuhan kita harus bersyukur kepadaNya karena atas berkat dan perlindunganNya kini kita telah berada di hari yang ke 304 di tahun 2017 dan juga bertepatan dengan 500 tahun reformasi yang di cetus oleh Marten Luter sebagai tonggak sejarah berdirinya aliran protestan pada kekristenan (31 Oktober 1517—31 Oktober 2017)

Pembacaan firman Tuhan saat ini bercerita tentang pengajaran Tuhan Yesus kepada murid-muridNya bahwa “Akulah pokok anggur yang benar dan Bapa-Kulah pengusahanya. Setiap ranting pada-Ku  yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan setiap ranting yang berbuah di bersihkan-Nya, supaya ia lebih banyak berbuah” (Ayat 1 & 2)

Sebagai orang percaya kita di tuntut Tuhan agar berbuah dalam pelayaanan, dalam kasih dan hidup kita sebab untuk maksud  itulah kita di panggil dalam persekutuan dengan Tuhan supaya buah yang kita hasilkan menjadi kesaksian bagi sesama kita agar mereka juga percaya dan dikuatkan imannya kepada Tuhan.

Anggur bagi bangsa Israel sendiri menggambarkan kemakmuran dan sukacita serta persekutuan yang indah antara Tuhan dan umat ciptaanNya.

Firman Tuhan sangat jelas mengatakan bahwa kita tidak dapat berbuah dan menghasilkan banyak buah dalam pelayanan kita jika kita tidak tinggal pada pokok anggur tersebut karena siapa berada di luar pokok anggur sama dengan ranting yang tidak berguna karena akan layu dan kering serta di kumpulkan orang untuk di bakar.

Biarlah kita tetap berpegang pada Pokok Anggur yang benar yakni Tuhan Yesus Kristus agar kita terus menghasilkan buah dan buah itu juga akan di nikmati oleh sesama kita sebagai pernyataan kasih Tuhan kepada mereka melalui anak-anakNya.

Hari-hari hidup ini membuat waktu terasa berlalu dengan begitu cepatnya karena berbagai kesibukan kita dan tidak terasa kita akan masuk pada minggu-minggu advent atau minggu-minggu penantian menjelang kelahiran Juruselamat yakni Tuhan Yesus Kristus pada hari natal.

Mengakhiri kotbahnya Pnt. Daud Buiney menekankan bahwa kita masi hidup dan bernapas hingga dapat melewati bulan oktober 2017 ini bukan karena kemampuan, kekuatan dan kegagahan kita tetapi semata-mata karena kasih dan kemuraan Allah Bapa melalui anakNya Tuhan Yesus Kristus yang terus memelihara hidup kita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IBADAH MINGGU PAGI, MINGGU SENGSARA KE-7, 20 MARET 2016 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE

IBADAH SYUKUR PENAMATAN TK BESAR GKI SILOAM SANOBA TAHUN AJARAN 2018/2019

PEMBUKAAN SIDANG JEMAAT KE-II GKI SILOAM SANOBA NABIRE, KAMIS 28 JANUARI 2016