IBADAH MINGGU PAGI, 18 NOVEMBER 2018 DAN PEMBERKATAN NIKAH DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE


Ibadah Minggu Pagi, 18 November 2018 di GKI Siloam Sanoba Nabire di pimpin oleh Pdt. F. Samsanoy, S.Th dengan mengambil pembacaan firman Tuhan dari kitab Kisah Parah Rasul 9:1-19a “Saulus bertobat”

Dalam kotbahnya Pdt. F. Samsanoy mengatakan bahwa Saulus dalam keberadaannya dan dengan semangat yang berkobar-kobar ingin mengancam bahkan ingin membunuh pengikut-pengikut Tuhan Yesus sehingga ia pergi kepada imam agung dan memintah surat kuasa untuk pergi kepada pemimpin rumah-rumah ibadat orang Yahudi di Damsik agar ketika ia mendapi orang-orang yang percaya kepada Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat manusia ia dapat menangkap mereka dan membawa mereka ke Yerusalem untuk diadili.

Sementara menuju ke Damsik, dan ketika telah dekat dengan kota itu, tiba-tiba suatu sinar dari langit memancar di sekelilingi Saulus sehingga ia jatu ketanah dan mendengar suara yang berkata kepadanya Saulus..Saulus apa sebabnya engkau menganiaya Aku dan Saulus bertanya siapakah Engkau, Tuhan..? .Dan suara itu mengatakan bahwa Aku-lah Yesus yang engkau aniyaya tetapi sekarang bangunlah dan masuk kekota dan akan diberitahukan kepadamu apa yang harus engkau lakukan di dalam kehidupanmu.


Dan Saulus dapat melihat kembali setelah dilayani oleh orang yang Tuhan utus yakni Ananias karena Saulus telah mengalami kebutaan selama tiga hari.

Saulus telah bergumul selama tiga hari lamanya dengan tidak makan dan minum saat dia bertemu dengan Tuhan dan dia juga menyesali segalah perbuatannya yang dilakukanoleh dia sebelumnya bahwa dia telah berpikir apa yang dia lakukannya adalah perbuatan yang benar yakni menganiyaya orang-orang kristen mula-mula.
Tiga hari ini sangat penting bagi kehidupan Saulus, dia telah menyesali segalah dosanya bahkan mengakui bahwa Yesus adalah Tuhan dan Juruselamat manusia yang diutus oleh Bapa ke dunia ini, bahkan Tuhan mengubah nama dia dari Saulus menjadi Paulus.

Dan setelah pertobatan Saulus tersebut Tuhan memakai dia untuk menyatakan dan melaksanakan akan injil Kristus kepada semua orang-orang percaya di Asia Kecil hingga sampai di saman kita saat ini.

Kisah Saulus yang adalah seorang penjahat dan pembenci orang-orang Kristen mula-mula dan dia terkenal dengan kejahatan dan pembunuhannya, tetapi oleh kemurahan Tuhan dia di pakai oleh Tuhan dan Tuhan juga mengubah hidupnya dari orang yang jauh dari Tuhan menjadi orang yang dekat dengan Tuhan.

Demikian juga dengan kita, sebagai orang-orang percaya kita juga tidak pernah luput dari kesalahan dan dosa yang selalu kita perbuat dalam setiap kehidupan kita pribadi lepas pribadi baik iri, benci, dendam serta menceritakan kekurangan sesama dan berbagai bentuk kejahatan lainnya.

Memang dalam hidup ini tidak ada seorangpun yang luput dari kesalahan, tetapi selaku orang-orang percaya kita harus jujur mengakui semua kesalahan kita bahkan semua perbuatan kita yang jahat kepada Tuhan agar kita semua di berkati oleh Tuhan sebagaimana Saulus harus diubah oleh Tuhan dari penjahat menjadi pelayan Tuhan setelah tiga hari saat dia mengalami kebutahan dia merenung akan semua sikap dan kesalahnya dan dia bertobat, kemudian Tuhan memakai Saulus dengan luar biasa dan mengubah namanya menjadi Paulus.


Hari ini juga dengan sepasang pengantian yang akan di nikahkan dalam jemaat GKI Siloam Sanoba yakni Frits Fredrich Raru,ST dan Martina Mofu, A.Md.Keb, kita yakin dan percaya bahwa hubungan mereka boleh terjadi karena ada rencana Tuhan bahwa Tuhan telah menentukan hubungan mereka hingga membentuk rumah tangga dan hidup secara bersama-sama.

Kita semua berharap agar kasih sayang mereka dan juga juga rumah tanggah mereka tetap abadi dan sebagai orang tua dan juga saksi tidak lepas tangan kepada mereka bahwa sebagai pasangan muda yang baru membentuk rumah tanggah hendaknya mereka harus tetap dibimbing agar setiap konflik dalam kehidupan mereka dapat di selesaikan dengan baik dengan tetap menempatkan Tuhan Yesus sebagai panutan hidup  bagi semua orang percaya sebagaimana nats firman Tuhan saat hari ini.


Parade foto










Komentar

Postingan populer dari blog ini

IBADAH MINGGU PAGI, MINGGU SENGSARA KE-7, 20 MARET 2016 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE

IBADAH SYUKUR PENAMATAN TK BESAR GKI SILOAM SANOBA TAHUN AJARAN 2018/2019

PEMBUKAAN SIDANG JEMAAT KE-II GKI SILOAM SANOBA NABIRE, KAMIS 28 JANUARI 2016