IBADAH MINGGU PAGI, 10 FEBRUARI 2019 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE


Ibadah minggu pagi, 10 Februari 2019 di GKI Siloam Sanoba Nabire di pimpin oleh Pnt. Martha Noriwari dengan mengambil pembacaan firman Tuhan dari kitab Yeremia 3:1-5 “Pertobatan Kepada Tuhan”

Dalam kotbahnya Pdt. Martha Noriwari mengatakan bahwa pembacaan firman Tuhan saat ini masi berbicara tentang kasih Allah terhadap umat pilihan atau kepada bangsa Israel.

Di jelaskan bahwa kehidupan bangsa Israel sendiri tidaklah hidup dengan benar dan setia kepada Tuhan Allah dan hal ini dapat kita lihat bahwa ketika hidup mereka tidak benar dan harus mendapat hukuman di buang oleh Tuhan Allah melalui bangsa lain maka mereka pasti akan hidup dan menjauh dari Tuhan.

Kehidupan umat Israel juga dapat di umpamakan seperti bunglon yakni hewan yang selalu dapat mengubah warna kulitnya sesuai dengan warna tempat di mana dia berada agar dapat menghindari diri dari hewan predator.

Umat Israel jugalah demikian bahwa ketika mereka berada di suatu tempat karena di tawan dan atau di jajah pasti mereka akan hidup dan mengikuti cara hidup bangsa di mana mereka berada dengan menyembah para dewa dan melupakan Allah mereka sehingga Allah menahan yang baik dan tidak memberikannya kepada mereka hujan pada waktunya.


Hal inilah yang di katakan oleh nabi Yeremia bahwa umat Israel telah berzinah secara rohani yakni mereka tidak hidup sesuai dengan perintah Allah, mereka menyembah para dewa setempat dimana mereka di buang, dan ketika mereka telah insaf pasti mereka akan berbalik kepada Allah yang benar dan Allah tetap setia menerima dan mengasihi mereka.

Ketika umat Israel telah berzinah dan menemui berbagai kesukaran dan penderitaan dalam hidupnya pasti mereka akan kembali kepada Allah dan hal tersebut telah terjadi berulang-ulang kali.

Demikian juga dengan kehidupan kita saat ini, sepanjang nafas hidup masi berada dalam badan kita maka kasih Allah tetap selalu ada bagi kita, sebab untuk kita Tuhan Yesus telah berkorban untuk menyelamatkan kita melalui pengorbanNya diatas kayu salib.

Kita adalah umat pilihan Tuhan dan Dia sangat mengasihi kita, sehingga kita jangan menyia-nyiakan kasih setia Tuhan selama nafas hidup ini masi ada dalam hidup kita.


Ibadah juga di isi dengan kesaksian lagu oleh VG. Sinai KSP 3.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IBADAH MINGGU PAGI, MINGGU SENGSARA KE-7, 20 MARET 2016 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE

IBADAH SYUKUR PENAMATAN TK BESAR GKI SILOAM SANOBA TAHUN AJARAN 2018/2019

LOMBA CERDAS CERMAT ALKITAB (CCA) BAGI WARGA JEMAAT GKI SILOAM SANOBA MENYONGSONG HUT PASKAH 2016, SENIN 21 MARET 2016