IBADAH MINGGU PAGI, 3 FEBRUARI 2019 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE


Ibadah Minggu Pagi, 3 Februari 2019 di GKI Siloam Sanoba Nabire di pimpin Pdt. Ross Kbarek,S.Th dengan mengambil pembacaan firman Tuhan dari kitab Keluaran 14:15-31 “Menyebrangi Laut Tiberau”

Dalam kotbahnya Pdt. Ross Kbarek mengatakan bahwa peristiwa ini terjadi di Laut Tiberau atau Laut Merah dimana kemaha kuasaan Allah itu nyata ketika Dia memerintahkan Musa membawa umat Israel untuk menyebrang Laut Tiberau tersebut.

Tuhan Allah juga memberikan pertanda akan penyertaan-Nya kepada umat Israel dengan tiang awan dan tiang api yang berjalan bi depan dan di belakang mereka untuk menuntun mereka.

Tiang awan dan tiang api itu di samping sebagai penuntun bagi Musa dan umat Israel tetapi juga sebagai penghalang bagi Firaun dan orang Mesir ketika mereka mengejar dan hampir mendapati mereka.


Alkitab menceritakan bahwa ketika Musa mengulurkan tangannya ke atas laut dan semalaman itu juga Tuhan menguakkan air laut dengan pengataran angin timur yang keras dan membuat laut Tiberau memnjadi tanah kering yang di lewati oleh bangsa Israel sementara di samping kiri dan kanan air laut menjadi seperti tembok bagi mereka.

Ketika orang Mesir semakin dekat kepada umat Israel, Tuhan membuat kekacauan yang melanda tentara Mesir dengan membuat kereta mereka berjalan dengan miring dan lambat hingga Tuhan memerintahkan Musa untuk mengulurkan tangannya keatas laut sehingga air laut Tiberau kembali menutup dan membinasakan Firaun dan pasukannya.

Allah telah menepati janjinya kepada Musa dan bangsa Israel bahwa Dia yang berperang bagi mereka sehingga mereka tidak harus takut, mereka hanya mendengar apa yang Tuhan katakan kepada mereka dengan tetap memegang teguh perintahnya dan berjalan terus dengan iman.

Hidup kita saat ini juga demikian dengan melihat kuasa Allah yang luar biasa dalam kehidupan orang Israel juga Allah nyatakan dalam kehidupan kita sebagai ciptaanNya.

Kita adalah mahkluk ciptaan Allah yang mulia dan kudus karena kita di ciptakan serupa dengan Allah dan Allah telah menuntun kehidupan kita melewati berbagai persoalan hidup dan untuk itulah kita di perkenankan untuk hadir di rumah Allah guna menaikan ucap syukur kepadda Allah.


Ibadah juga di isi dengan kesaksian lagu oleh VG. Kel.A. Rumaseb dan VG. PAM GKI Siloam Sanoba.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IBADAH MINGGU PAGI, MINGGU SENGSARA KE-7, 20 MARET 2016 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE

IBADAH SYUKUR PENAMATAN TK BESAR GKI SILOAM SANOBA TAHUN AJARAN 2018/2019

PEMBUKAAN SIDANG JEMAAT KE-II GKI SILOAM SANOBA NABIRE, KAMIS 28 JANUARI 2016