IBADAH MINGGU PAGI, 17 FEBRUARI 2019 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE


Ibadah minggu pagi, 17 Februari 2019 di GKI Siloam Sanoba Nabire di pimpin oleh Pnt.Levi Sirloy dengan mengambil pembacaan firman Tuhan dari kitab Galatia 1:6-10 “Hanya satu Injil”

Dalam referansi kotbahnya Pnt. Levi Sirloy mengatakan bahwa pada masa lalu ketika orang mau menyampaikan sesuatu kepada orang lain baik pribadi maupun secara kelembagaan pasti mereka menggunakan media surat dan hal tersebut juga yang dilakukan oleh rasul Paulus kepada Jemaat di Galatia.

Pembacaan firman Tuhan saat ini juga terambil dari surat yang di kirim oleh rasul Paulus kepada jemaat di Galatia dan sudah tentu karena ada sesuatu yang terjadi di sana yakni bahwa jemaat di Galatia tidak lagi menaati firman Tuhan dan ada orang-orang tertentu yang berusaha memutar balikkan pemberitaan injil yang bukan berdasarkan Injil yang di ajarkan oleh Tuhan Yesus Kristus.


Kita ketahui bahwa Injil dalam kebaradaannya di muka bumi ini selalu mendapat berbagai tantangan dari orang-orang Yahudi sendiri dengan mengatakan bahwa Yesus bukanlah Mesias dan Yesus tidaklah mati atau Yesus memang di bunuh tetapi Roh-Nya saja yang bangkit dan bukan tubuhNya.

Hal-hal tersebutlah yang terjadi terhadap jemaat di Galatia bahwa injil di putar balikkan sesuai dengan pemahaman mereka yang salah sehingga rasul Paulus merasa sangat penting untuk mengirim surat kepada jemaat di Galatia untuk mengingatkan dan mengajarkan mereka bahwa siapa yang mengajarkan injil yang lain dari pada yang telah mereka terima maka terkutuklah dia.

Rasul Paulus merasa perlu untuk mengingatkan jemaat di Galatia agar tidak ikut dengan mereka yang mengajarkan Injil yang lain karena siapa yang melakukannya maka dia masuk dalam kelompok orang-orang yang terkutuk karena berupaya memutar balikkan kebenaran Injil dan menyesatkan orang.

Demikian juga dengan hidup kita saat ini bahwa kita hidup di dalam kasih dan anugerah yang telah Allah berikan kepada kita melalui Tuhan Yesus Kristus yang telah menebus dosa dan kesalahan kita melalui kematianNya tetapi Dia bangkit dari kematian pada hari ketiga dan hidup.

Tuhan Yesus akan datang pada akhir zaman dengan kemuliaan-Nya untuk menjemput setiap orang yang percaya kepadaNya dan tidak berubah setia dengan tetap percaya kepada Injil yang benar dalam hidupnya.


Ibadah juga di isi dengan kesaksian lagu oleh solo ibu Matuan dan anak Putri Rumaseb.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IBADAH MINGGU PAGI, MINGGU SENGSARA KE-7, 20 MARET 2016 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE

IBADAH SYUKUR PENAMATAN TK BESAR GKI SILOAM SANOBA TAHUN AJARAN 2018/2019

PEMBUKAAN SIDANG JEMAAT KE-II GKI SILOAM SANOBA NABIRE, KAMIS 28 JANUARI 2016