IBADAH MINGGU PAGI, 21 JULI 2019 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE


Ibadah Minggu Pagi, 21 Juli 2019 di GKI Siloam Sanoba Nabire di pimpin oleh Pdt. Viani Samual, S.Si dengan mengambil pembacaan firman Tuhan dari kitab Injil Yohanes 6:1-15 “Yesus memberi makan lima ribu orang”

Mengawali kotbahnya Pdt.Viani Samual bercerita tentang kisah seorang gadis kecil yang datang ke sekolah minggu untuk beribadah, namun gadis kecil tersebut menangis di luar gereja karena gereja itu tidak dapat menampung banyaknya anak yang datang kesekolah minggu karena kecilnya gedung gereja dan juga pakaian dari gadis kecil tersebut terlihat kotor.

Ketika dia menangis ada bapak pendeta yang melayani di gereja tersebut melihat dia dan bertanya kenapa kamu menangis dan gadis kecil tersebut mengatakan bahwa dia ingin mengikuti sekolah minggu tapi mereka katakan kepadanya bahwa tidak ada lagi tempat di dalam gereja karena telah penuh, sehingga pendeta melihat kedalam gedung gereja ternyata masi ada tempat duduk dan dia mempersilakan gadis tersebut untuk masuk dan ikut sekolah minggu.

Dalam perjalan hidupnya lima tahun kemudia gadis tersebut meninggal, ketika kedua orang tuanya memanggil pendeta dan jemaat untuk berdoa dan ketika telah selesai doa penyerahan mereka hendak menggantikan baju gadis tersebut dan dari kantong bajunya jatuh sebuah dompet yang sudah rapu dan usang dan ketika mereka lihat isi dompet tersebut ada uang senilai lima puluh tujuh sen dengan sebuah surat.

Isi surat tersebut tertulis uang ini saya kumpulkan sebagai persembahan dalam waktu dua tahun dan uang ini kiranya di gunakan untuk bikin gedung gereja yang besar supaya anak-anak sekolah minggu tidak harus bersedih karena tidak mendapat tempat duduk di sekolah minggu.


Yang terjadi kemudian isi surat tersebut telah menggerakkan jemaat dengan segenap hati untuk mengumpulkan uang mereka untuk membeli tanah yang lebih besar untuk membangun gedung gereja, bahkan ada satu pengusaha yang menawarkan tanahnya untuk di berikan kepada jemaat di tempat itu dengan bayaran hanya lima puluh tujuh sen saja.

Dengan tanah yang mereka beli dengan nilai hanya tujuh sen saja kini jemaat tersebut telah memiliki bangunan gereja yang besar dan indah yang dapat menampung jemaat sejumlah tiga ribu tiga ratus orang dan gereja tersebut berada di Viladelvia Amerika Serikat yang sangat terkenal dengan kemajuan serta pusat pendidikan.


Cerita diatas sangat erat kaitannya dengan pembacaan  firman Tuhan saat ini tentang Yesus memberi makan lima ribu orang dari lima roti dan dua ikan yang di berikan oleh seorang anak kecil.

Secara akal sehat maka sangat tidak mungkin kita dapat memberi makan lima ribu orang laki-laki ditambah dengan perempuan dan anak-anak hanya dengan lima roti dan dua ikan saja.

Sekalipun di bagi sangat sedikit sekali maka tidaklah mungkin, dan apa yang hendak Yesus lakukan karena Dia ingin melihat iman dan percaya para murid kepada-Nya.

Dan yang terjadi justru dengan lima roti dan dua ikan tersebut ketika Yesus mengucap syukur dan membagi-bagikannya maka semua orang yang hadir saat itu makan hingga kenyang para murid mengumpulkan potongan-potongan roti tersebut sebanyak dua belas bakul.


Kebenaran firman Tuhan saat ini mengajarkan kepada kita bahwa kita mampu melakukan sesuatu yang besar bagi banyak orang jika kita mempunyai iman yang besar.

Dan iman itulah yang akan menggerakkan orang untuk melakukan hal-hal yang besar sebagaimana yang Tuhan Yesus lakukan tetapi juga pada cerita gadis kecil diatas.

Pada ibadah minggu pagi ini juga dilakukan penyerahan bantuan dana pembangunan yang bersuember dari dana kampung Sanoba bagi pembangunan gedung gereja baru GKI Siloam senilai Rp.50.200.700 oleh ibu Pdt. Mariani Tambunan kepada ketua Panitia Pembangunan Gedung Gereja Baru GKI Siloam Sanoba Nabire Bapak D. Maweng.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IBADAH MINGGU PAGI, MINGGU SENGSARA KE-7, 20 MARET 2016 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE

IBADAH SYUKUR PENAMATAN TK BESAR GKI SILOAM SANOBA TAHUN AJARAN 2018/2019

PEMBUKAAN SIDANG JEMAAT KE-II GKI SILOAM SANOBA NABIRE, KAMIS 28 JANUARI 2016