IBADAH MINGGU PAGI, 7 JULI 2019 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE


Ibadah Minggu Pagi, 7 Juli 2019 di GKI Siloam Sanoba Nabire di pimpin oleh Pdt. Sandy Ishak, S.Si dengan mengambil pembacaan firman Tuhan dari Kitab Mazmur 23:1-6 “Tuhan gembalaku yang baik”


Dalam kotbahnya Pdt. Sandy Ishak mengatakan bahwa untuk merespon kasih dan setia Tuhan terhadap kita banyak cara yang dapat kita lakukan atau kita awali dalam situasi dan kondisi apapun di kehidupan yang kita jalani ini bahwa kita tidak pernah meninggalkan Tuhan.

Mazmur merupakan buku nyanyian tetapi di dalamnya juga ada mengandung doa-doa dan puji-pujian kepada Tuhan, sehingga kitab Mazmur juga di sebut sebagai buku nyanyian dan buku doa.

Kitab Mazmur juga memuat nyanyian syukur atas berkat-berkat Allah yang menyertai keberadaan umat Israel selama Allah menuntun mereka keluar dari tanah Mesir ke tanah perjanjian di Kanaan.

Kitab Mazmur pasal 23 ini mengandung ungkapan perasahan seseorang yang paling dalam yang melihat Tuhan sebagai gembala dalam kehidupannya sebagaimana yang dialami oleh raja Daud yang secara pribadi telah mengalami pengalaman-pengalaman iman dengan Tuhan sebagaimana pembacaan firman Tuhan saat ini.

Dalam ayat 1 dikatakan “Tuhan adalah gembalaku, takkan kekurangan aku” yang menggambarkan rasa aman kawanan domba yang berada dalam tuntunan Gembala yakni Tuhan yang memberi kesejahteraan dengan makan dan minum tetapi juga menuntun kawanan gembalaannya untuk kembali ke kandangnya.

Tugas gembala secara Rohani adalah menuntun dan memimpin serta mencari yang telah pergi jauh dan membawa pulang serta merawat dan memberikan perlindungan serta makan dan minum.

Jika hidup kita terus di bimbing oleh Gembala Agung kita maka hidup kita tidaklah akan berkekurangan baik dalam hal rohani tetapi juga jasmani sebagai mana yang di rasakan oleh pemazmur ini.

Dalam ayat 2 dikatakan “Ia membaringkan aku di padang rumput yang hijau, Ia membaringkan aku di air yang tenang” yang juga berarti bahwa di padang rumput yang hijau penuh dengan segalah sesuatu yang di janjikan, karena rumput yang hijau memberikan ketenangan dan sebagai tempat pembaringan, serta menuntun di air yang tenang karena air adalah lambang kehidupan.

Ketika seseorang dengan sungguh-sungguh percaya kepada Tuhan dan meyakini Tuhan sebagai sumber kehidupan di dalam hidupnya maka dia tidak akan pernah kehausan dan lapar secara rohani sebagaimana yang dialami oleh pemazmur raja Daud.

Pada bulan juli 2019 ini sebagai warga GKI di Tanah Papua kita semua sementara dan telah melaksanakan Bulan Bina Keluarga selama satu bulan hingga akhir bulan juni nanti yang dapat juga diartikan bahwa tanda-tanda kerajaan Allah terus mewarnai kehidupan keluarga yang di berkati oleh Tuhan.


Pada ibadah minggu pagi ini juga di adakan ibadah syukur atas telah pulangnya PW GKI Siloam Sanoba dari kunjungan wisata Rohani ke PW GKI Yohanis Paulus Kaibi Klasis Wondama (28 juni s/d 3 juli 2019), serta penyerahan bantuan dana dari panitia wisata Rohani PW Siloam kepada Panitia Pembangunan Gedung Gereja Baru GKI Siloam sebesar 5 juta rupiah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IBADAH MINGGU PAGI, MINGGU SENGSARA KE-7, 20 MARET 2016 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE

IBADAH SYUKUR PENAMATAN TK BESAR GKI SILOAM SANOBA TAHUN AJARAN 2018/2019

PEMBUKAAN SIDANG JEMAAT KE-II GKI SILOAM SANOBA NABIRE, KAMIS 28 JANUARI 2016