IBADAH SUBUH, SABTU 13 JULI 2019 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE


Ibadah subuh, Sabtu 13 Juli 2019 di GKI Siloam Sanoba Nabire di pimpin oleh Pnt.O. Rumbiak dengan mengambil pembacaan firman Tuhan dari kitab Kejadian 4:1-16 “Kain dan Habel”

Dalam kotbahnya Pnt.O.Rumbiak mengatakan bahwa dosa telah mendapat tempat dalam kehidupan manusia melalui Adam dan Hawa yang telah melanggar perintah Tuhan dengan memakan buah pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat di taman Eden.

Tiga hal yang membuat manusia jatuh ke dalam dosa adalah:
1.     Pencobaan manusia
2.     Manusia jatuh ke dalam dosa
3.     Dan akibat-akibat daripada dosa

Pada Kejadian 3 kita dapat melihat bagaimana tahap-tahap pencobaan itu.
Mula-mula Iblis bertanya tentang firman Tuhan dengan mengutip apa yang Allah sampaikan kepada manusia untuk tidak memakan buah pengetahuan yang baik dan yang jahat.

Selanjutnya Iblis membantah dengan nyata terkait larangan Allah kepada manusia untuk tidak memakan buah itu, Iblis mengatakan bahwa manusia tidak akan mati ketika memakan buah itu, tetapi mata manusia akan terbuka dan kamu akan menjadi seperti Allah dan mengetahui tentang yang baik dan yang jahat.

Maka manusia mengalah kepada pencobaan tersebut dan memakan buah terlarang sehingga manusia berdosa dan terusir dari taman Eden tersebut akibat ketidak taatan manusia kepada Allah.

Ketika telah terusir dari taman Eden dan hidup di muka bumi, maka bertambahlah jumlah manusia itu dengan dilahirkannya Kain dan Habel oleh Adam dan Hawa sebagai anak  mereka.

Hingga suatu saat ketika mereka menaikan persembahaan mereka dari hasil usaha mereka dan Allah menerima persembahan Habel yakni hewan yang di persembahkannya karena Habel adalah seorang gembala sementara Kain mempersembahkan  hasil tanahnya dan persembahan itu tidak di indahkan oleh Allah.

Dan karena iri hatilah maka Kain membunuh Habel adiknya karena persembahannya itu tidak di terima.

Akibat perbuatan Kain tersebut sehingga Allah mengutuknya dan membuangnya jauh dari tanah yang telah mengangakan mulutnya untuk menerima darah Hebel  dan tanah itu tidak lagi memberikan hasil yang maksimal terhadap segalah usahanya serta Kain menjadi pelarian dimuka bumi ini.


Jadi akibat dosa sangat berat dan fatal bagi orang yang melakukannya karena dosa akan membawa pemisahan antara manusia dengan Allah, karena siapa yang hidup diluar kasih karunia Allah tidak akan bahagia.

Ibadah subuh ini dilaksanakan setiap hari sabtu selama bulan juli 2019 yang juga merupakan bagian dari program Bulan Bina Keluarga bagi GKI di Tanah Papua.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IBADAH MINGGU PAGI, MINGGU SENGSARA KE-7, 20 MARET 2016 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE

IBADAH SYUKUR PENAMATAN TK BESAR GKI SILOAM SANOBA TAHUN AJARAN 2018/2019

PEMBUKAAN SIDANG JEMAAT KE-II GKI SILOAM SANOBA NABIRE, KAMIS 28 JANUARI 2016