IBADAH MINGGU PAGI, 14 JULI 2019 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE


Ibadah Minggu Pagi 14 Juli 2019 di GKI Siloam Sanoba Nabire di pimpin oleh Pdt. Mariani Tambunan, S.Th dengan mengambil pembacaan firman Tuhan dari kitab Injil Matius 6:25-34 “Hal kekuatiran”.

Dalam kotbahnya Pdt. Mariani Tambunan mengatakan bahwa ketika Yesus mengajar orang banyak Dia mengatakan bahwa mereka akan di puaskan, yang lapar akan di kenyangkan dan yang miskin akan memiliki segalahnya di sorga.

Janji Yesus tersebut sungguh-sungguh berlaku bagi  orang yang percaya kepada-Nya dan Dia-lah yang akan menjadi jaminan bagi mereka.

Diatas semua hal yang kita cari Tuhan ingin agar kita memperioritaskan Tuhan lebih dari pada apapun.

Yesus melihat fenomena manusia materialistis atau ingin kaya itu bukan hal yang baru terjadi saat ini tetapi sejak dari awalnya manusia indetik punya kecenderungan tamak, serakah dengan harta.

Yesus juga mengecam orang-orang yang hanya memfokuskan diri pada harta duniawi yang mudah di ambil oleh pencuri serta di rusak oleh ngengat dan karat tetapi mereka juga harus belajar memfokuskan diri pada harta sorgawi yang tidak bisa diambil oleh pencuri dan tak bisa dimakan oleh ngengat dan  karat.

Mengapa manusia terlalu tamak dengan kekayaan atau harta, jawabnya adalah pada pembacaan firman Tuhan saat ini karena ada dosa kekuatiran.


Dalam pengajarannya Yesus mengajarkan kita untuk makan dengan secukupnya dan tidak sampai berkelibahan sebagaimana yang terdapat dalam doa Bapa Kami “Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya” (Matius 6:11)

Yesus melihat bahwa dosa kekuatiran ini telah menggeser iman umat Tuhan, sehingga Dia berkata: “Jangan kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan atau minum dan janganlah kuatir akan tubuhmu akan apa yang akan kamu pakai. Pandanglah burung-burung di langit yang tidak menabur dan tidak menuai dan tidak mengumpulkan bekal dalam lumbungnya, namun di beri makan oleh Bapamu yang di sorga”

Maksud perkataan Yesus adalah jika burung-burung saja yang tidak berkerja di beri makan oleh Bapamu yang di sorga apalagi kamu yang punya akal budi dan bekerja pasti kamu akan makan dan hidup.

Kuatir adalah dosa yang harus di hilangkan dari setiap kehidupan orang yang percaya kepada Tuhan agar hidup kita berkenan kepada-Nya.


Ibadah juga di isi dengan kesaksian lagu oleh solo PW KSP 2.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IBADAH MINGGU PAGI, MINGGU SENGSARA KE-7, 20 MARET 2016 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE

IBADAH SYUKUR PENAMATAN TK BESAR GKI SILOAM SANOBA TAHUN AJARAN 2018/2019

PEMBUKAAN SIDANG JEMAAT KE-II GKI SILOAM SANOBA NABIRE, KAMIS 28 JANUARI 2016