IBADAH MINGGU PAGI, 22 SEPTEMBER 2019 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE


Ibadah Minggu pagi, 22 September 2019 di GKI Siloam Sanoba Nabire di pimpin oleh Pdt. Mariani Tambunan, S.Th dengan mengambil pembacaan firman Tuhan dari kitab Kejadian 11:1-9 ”Menara Babel”

Dalam kotbahnya Pdt. Mariani Tambunan apakah Tuhan menghukum manusia hanya karena mendirikan menara Babel ?, tentu hal tersebut bukan menjadi alasan yang kuat sehingga Tuhan menghukum manusia dengan mengacaukan bahasa mereka dan pekerjaan mereka sehingga mereka tersebar dan tercerah-berai keseluruh dunia.

Persoalan utama sehingga Allah menghukum mereka adalah karena Tuhan mengetahui bahwa manusia dalam kebersamaannya bukan semata-mata mereka ingin membangun kehidupan secara utuh dengan takut akan perintah Tuhan tetapi mereka cenderung membangun kesemobongan di dalam diri mereka.

Jadi mengapa Tuhan mengacaukan menara Babel dengan mengacaukan bahasa mereka sehingga mereka tersebar ke seluruh dunia ini karena mereka semata-mata membangun kesombongan di dalam diri mereka.

Itulah yang menjadi sumber dosa dan alasan Tuhan mengacaukan bahasa mereka agar mereka tidak membangun kesombongan yang lebih besar lagi dan kesombongan yang terlihat dalam pembacaan firman Tuhan saat ini adalah bahwa manusia ingin menyamai diri mereka dengan Tuhan.

Sehingga Tuhan melihat bahwa kecenderungan hati manusia mau menyamai yang Maha Kuasa maka Tuhan sendiri yang menghancurkan pekerjaan mereka dengan mengacaukan bahasa mereka.

Memang manusia di ciptakan oleh Tuhan segambar dengan Dia tetapi manusia tidak sehakekat dengan Tuhan. Tuhan Maha Pencipta, sedangkan manusia mencipta, Tuhan Maha Pengasih sedangkan manusia hanya bisa mengasihi dan Tuhan Maha Pemurah sedangkan manusia hanya bisa mura hati.

Kualias pencipta tidak akan sama dengan yang dicipta tetapi kesombongan mendorong manusia untuk berusaha menyamai Pencipta dan itu adalah dosa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IBADAH MINGGU PAGI, MINGGU SENGSARA KE-7, 20 MARET 2016 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE

IBADAH SYUKUR PENAMATAN TK BESAR GKI SILOAM SANOBA TAHUN AJARAN 2018/2019

PEMBUKAAN SIDANG JEMAAT KE-II GKI SILOAM SANOBA NABIRE, KAMIS 28 JANUARI 2016