IBADAH MINGGU PAGI, 29 SEPTEMBER 201G DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE


Ibadah Minggu Pagi, 29 September 2019 di GKI Siloam Sanoba Nabire di pimpin oleh Pdt. Linda Uppesy,S.Th, M.Pd dengan mengambil pembacaan firman Tuhan dari Kitab Kejadian 19:1-29 “Sodom dan Gomora dimusnahkan, Lot diselamatkan”

Dalam kotbahnya Pdt.Linda Uppesy mengatan bahwa kita tentu masi ingat dengan bencana alam yang baru saja terjadi di negara kita diantaranya gempa dan tsunami yang dasyat di Aceh, banjir bandang di Wasior, gempa bumi di Palu serta banjir bandang di Sentani Jayapura serta peristiwa-peristiwa alam yang lainnya.

Kita akan bertanya kenapa semua ini terjadi dan sebagai umat yang percaya kepada Tuhan tentu kita yakin bahwa semua fenomena alam tersebut terjadi karena kebesaran dan kedasyatan Tuhan bagi setiap umat manusia dalam hidup ini, bahwa seorangpun dalam dunia ini tidak dapat menandingi kebesaran dan kedaulatan Tuhan.


Peristiwa bencana alam yang dasyat tersebut sesungguhnya juga mengajarkan kepada kita tentang kejahatan manusia dihadapan Tuhan sebagaimana pembacaan firman Tuhan pada saat ini yang mengulas tentang Tuhan memusnahkan Sodom dan Gomora dengan hujan belerang dan api.

Peristiwa hujan belerang dan api yang memusnakan Sodom dan Gomora diawali dengan kehadiran malaikat atau utusan Tuhan di kota itu dan bagaimana respon Lot kepada kedua malaikat atau utusan Tuhan tersebut di kota itu.

Yang pasti bahwa Lot sangat tanggap dan pekah ketika ia bertemu dengan kedua malaikat tersebut di pintu gerbang kota itu dia menyongsong mereka dan sujut dengan mukanya sampai ketanah dan menyediakan tempat penginapan di rumahnya serta juga menyediakan hidangan makan malam bagi malaikat Tuhan.

Ketika penduduk kota hendak mengambil kedua orang tersebut dan menganiayah serta memusnakan mereka, maka Lot dengan mati-matian berjuang dan berusaha melindungi kedua malaikat tersebut dengan menawarkan kedua anak gadisnya untuk menggantikan kedua utusan Tuhan tersebut.

Keputusan Tuhan harus dilaksanakan dengan membakar kota Sodom dan Gomora dengan api dan belerang dan hanya keluarga Lot yang di selamatkan yakni Lot dan kedua anak gadisnya sebab istrinya telah menjadi tiang garam ketika ia menoleh kebelakang melihat kedasyatana api dan belerang yang membakar habis Sodom dan Gomora saat mereka dalam perjalanan menuju Zoar.


Firman Tuhan saat ini menerangkan kepada kita bahwa keluh kesah orang tentang suatu kejadian atau peristiwa di muka bumi ini terlebih tentang kejahatan manusia akan di balas oleh Tuhan sesuai dengan cara dan waktu-Nya.

Pada Ibadah Minggu pagi ini juga di lakukan peneguhan majelis Jemaat GKI Siloam Sanoba Nabire oleh Ketua Klasis GKI Nabire Pdt. Linda Uppesy kepada dua belas Penatua dan sembilan Syamas masa bakti 2019 s/d 2024 berdasarkan SK Badan Pekerja Klasis GKI Nabire Nomor:009/G-12.1a/IX/2019

Setelah peneguhan mejelis jemaat dilakukan juga pelantikan oleh ketua PHMJ GKI Siloam Sanoba Pdt. Mariani Tambunan bagi unsur PKB, PW, PAM dan PAR masa bakti 2019 s/d 2024.


Komposisi Jabatan PHMJ GKI Siloam Sanoba Nabire periode 2019 s/d 2024
Ketua                    :Pdt. Mariani Tambunan,S.Th
Wakil Ketua         : Pnt. Lefi Abner Sirloy
Sekretaris             : Pnt. Herman Kawer
Wakil Sekretaris   : Pnt. Daud Rudu
Bendahara            : Sys. Martha Noriwari

Urusan-Urusan:
üUrusan Misi dan Penginjilan
1.     Pnt. Paulus Piters Martens Yawan (Koor)
2.     Pnt. Elsina Tabita Munamber
3.     Pnt. Since Rumbiak
4.     Sys. Barnabas Rumbiak
üUrusan Pelayanan dan pembinaan Jemaat
1.     Pnt. Oktovina Rumbiak (Koor)
2.     Pnt. Yakomina Udam
3.     Pnt. Ema Swabra
4.     Pnt. Elisabeth Brigita Wopari
üUrusan Diakonia
1.     Sys. Daud Rudu (Koor)
2.     Sys. Yuliana Sawo
3.     Sys. Sarce Yarangga
4.     Sys. Helena Irene Nunaki
5.     Sys. Recky R. Rumkorem
üUrusan Ekubang
1.     Pnt. Amos Rumbiak (Koor)
2.     Pnt. Aris Tarkus Awom
3.     Sys. Lambert Rumbiak
4.     Sys. Zeth Morin

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IBADAH MINGGU PAGI, MINGGU SENGSARA KE-7, 20 MARET 2016 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE

IBADAH SYUKUR PENAMATAN TK BESAR GKI SILOAM SANOBA TAHUN AJARAN 2018/2019

PEMBUKAAN SIDANG JEMAAT KE-II GKI SILOAM SANOBA NABIRE, KAMIS 28 JANUARI 2016