IBADAH MINGGU PAGI, 23 JULI 2023 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE

 

Ibadah minggu pagi, 23 Juli 2023 di GKI Siloam Sanoba Nabire dipimpin oleh Pdt. S.Patty, S.Si, Theol dengan mengambil pembacaan firman Tuhan dari kitab Mazmur Pasal 104:1 s/d 35 “Kebesaran Tuhan dalam segalah ciptaan-Nya”

Dalam referensi kotbahnya Pdt. Sally Patty mengatakan bahwa segala sesuatu di muka bumi ini tidak terjadi begitu saja atau tidak akan terjadi secara kebetulan atau juga bukan sekedar rangkaian kejadian atau peristiwa, tetapi semua yang ada di atas muka bumi ini ada dalam kendali dan kuasa Allah sendiri dan semuanya itu sesuai dengan kehendak dan rancangan daripada Tuhan, oleh sebab itu Tuhan Allah Dia menyatakan dirinNya kepada manusia yaitu melalui ciptaanNya.

Ketika kita melihat langit di atas kita juga akan melihat matahari pada waktu siang hari dan ketika malam hari kita dapat melihat bulan dan juga bintang-bintang dan pada malam hari di situlah kita mengakui bahwa inilah Kebesaran Tuhan bagi alam ciptaanNya.

Inilah Kebesaran Tuhan dalam kapasitas Dia sebagai pencipta dari alam semesta ini. Tuhan sebagai pencipta alam semesta dan isinya, Dia juga menjadikan segala sesuatu di muka bumi ini seturut porsinya masing-masing karena ia mengatur seluruh permukaan alam ini dengan tertib dan teratur.

Kita bertemu Tuhan di alam sekitar kita dan kita juga dapat mengenal alam melalui ciptaanNya. Alam ciptaan Tuhan ini juga melambangkan kuasa dan kasih daripada Allah sendiri.

Mari kita melihat dari ayat yang pertama hingga ayatnya yang ke-9 bagian mazmur ini diawali dengan seruan diri dari seorang pemazmur itu sendiri yang memuji Tuhan dengan seluruh keberadaan hidupnya secara totalitas dia mengagungkan kebesaran nama Tuhan.

Pujian ini juga didasari tentang pengakuan akan Tuhan sebagai Allah yang sangat besar dan Allah yang dahsyat.

Kebesaran Tuhan ini nampak dari semesta yang diciptakanNya, hal ini kita dapat baca dan lihat pada ayatnya yang ke-2.

Sehingga isi dari bagian ini adalah Tuhan dalah Raja dari segala ciptaan yang tunduk dibawa kekuasaan Tuhan dan segala ciptaan itu diatur oleh Tuhan sendiri.

Oleh dan sebabnya kita dapat melihat pada ayat ke-10 hingga ayatnya yang ke-18 bahwa Tuhan Allah dia memelihara semua yang diciptakanNya, Dia memberi makan dan minuman bagi hewan dan tumbuhan, alam merupakan sumber kehidupan yang menjamin kelangsungan hidup segala makhluk dan segala makhluk ini juga hanya bergantung pada Allah sebagai pemelihara kehidupan.

Ayat 19 hingga ayatnya yang ke-30 menceritakan bagaimana bulan, bintang dan matahari bergerak di dalam perlintasannya masing-masing seturut dengan ketetapan yang telah ditetapkan oleh Tuhan dengan caranya yang luar biasa dan tidak dapat diselami oleh pikiran manusia.

Benda-benda di angkasa tersebut bukan hanya bergerak begitu saja tetapi fungsinya juga sebagai penuntun waktu bagi semua makhluk hidup.

Pemazmur mengakui kedahsyatan kuasa dari Allah, sifat yang daripada Tuhan untuk mengatur segala sesuatunya sebagai Sang pencipta dan hal ini termuat di dalam ayatnya yang ke-24.

Pada bagian ayat 31 hingga ayat ke 35 di mana Tuhan Allah membentuk sesuatu sesuai dengan kehendakNya dan itulah yang menjadi pujian dari Pemazmur untuk mengagungkan Tuhan atas segala ciptaanNya yang luar biasa.

ibadah juga diisi dengan kesaksian lagu oleh PS. KSP III

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IBADAH MINGGU PAGI, MINGGU SENGSARA KE-7, 20 MARET 2016 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE

IBADAH SYUKUR PENAMATAN TK BESAR GKI SILOAM SANOBA TAHUN AJARAN 2018/2019

PEMBUKAAN SIDANG JEMAAT KE-II GKI SILOAM SANOBA NABIRE, KAMIS 28 JANUARI 2016