IBADAH MINGGU PAGI 11 OKTOBER 2015 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE


Ibadah Minggu Pagi 11 Oktober 2015 di GKI Siloam Sanoba Nabire
Pembacaan Firman Tuhan 1 Samuel 23:14-28 “Daud di padang gurun Zif”
Pelayan Firman Pdt. J. Sekewael,S.Th

Bagaimana jadinya jika kita memimpin suatu organisasi atau suatu lembaga tertentu baik di gereja maupun lembaga pemerintah dan ada seseorang yang akan menggantikan kita ?
Jawabannya adalah bahwa jika kita mengerti aturan maka hak tersebut tidak menjadi soal, tetapi kalau yang terjadi justru sebaliknya, inilah yang menjadi masalah seperti pembacaan firman Tuhan saat ini dimana Saul telah berupaya untuk kesekian kalinya agar dapat membunuh Daud, karena posisi dia sebagai raja pada akhirnya akan jatuh ke tangan Daud.

Pembacaan Firman Tuhan saat ini juga memceritakan proses peralian kepemimpinan dari Saul kepada Daud, dimana saul adalah raja Israel yang pertama dan Daud adalah raja Israel yang ke dua.
Daud telah berusaha menyembunyikan diri dari kejaran Saul yang ingin membunuhnya dan telah sering terlepas dari kejaran Saul karena Allah sendiri yang melindunginya.

Dalam keadaan terjepit justru Daud di hianati oleh saudaranya sendiri orang Zif yang menemui Saul dan menyampaikan keberadaan Daud kepada Saul, tetapi justru oleh Yonatan anak Saul sahabat Daud yang menguatkan Daud.

Bahwa Yonatan sekalipun merupakan anak dari Saul namun tidak berpihak kepada ayahnya karena dia tahu bahwa apa yang dilakukan oleh ayahnya justru hal yang jahat, dan Allah telah berkenan memberikan jabatan raja dan kekuasaan kepada Daud hamba-Nya.
Nasehat dan kata-kata pengiburan oleh Yonatan kepada Daud justru di dengar oleh Daud dan membesarkan hati dan semangatnya.

Saul hampir berhasil menangkap Daud tapi akhirnya dia gagal karena Allah yang melindunginya dan menggunakan orang Filistin untuk mengacaukan konsentrasi Saul.

Referensi firman Tuhan buat kita semua bahwa Allah berhak mengangkat siapa saja dalam jabatan apapun sesuai dengan kehendak-Nya.

Jika kita menduduki suatu jabatan kita harus banyak berdoa agar dapat mengerti  maksud, tujuan, rancangan dan kehendak Tuhan dalam hidup kita, agar kita bertindak sesuai dengan kehendak-Nya seperti kisah Daud, dimana Allah memberikan jabatan raja kepada dia karena ketidak taatan Saul kepada Allah.

Kita juga harus terima jika suatu saat jabatan kita di ganti orang lain, karena tidak ada jabatan di dunia ini yang abadi, karena kita semua adalah musafir yang merantau di pengembara dunia ini, tempat yang abadi hanya berada dalam kerajaan sorga.

Nabire akan melakukan Pilkada pada tanggal 9 desember 2015, ada 8 pasangan kandidat yang akan maju sebagai calon Bupati dan calon Wakil Bupati
Gereja tidak berpolitik, tugas gereja hanya berdoa agar Tuhan memberikan pemimpin Nabire nantinya adalah anak Tuhan yang bekerja dengan jujur serta takut akan Tuhan.

Ibadah juga di isi dengan kesaksian lagu oleh Solo PAM GKI  Siloam dan Duet Arastamar

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IBADAH MINGGU PAGI, MINGGU SENGSARA KE-7, 20 MARET 2016 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE

IBADAH SYUKUR PENAMATAN TK BESAR GKI SILOAM SANOBA TAHUN AJARAN 2018/2019

PEMBUKAAN SIDANG JEMAAT KE-II GKI SILOAM SANOBA NABIRE, KAMIS 28 JANUARI 2016