Senin, 26 Oktober 2015

IBADAH SYUKUR HUT GKI DI TANAH PAPUA KE-59 TAHUN , SENIN 26 OKTOBER 2015 DI RAYON 1 KLASIS GKI PANIAI DI PUSATKAN DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE


Ibadah Syukur HUT GKI Ke-59 Tahun, Senin 26 Oktober  2015 di Rayon 1 Klasis GKI Paniai di Pusatkan di GKI Siloam Sanoba Nabire.
Pembacaan Firman Tuhan Yakobus 4:11-12 “Jangan memfitnah orang”
Pelayan Firman Pdt. Sandy Isak, S.Si

Syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan atas penyertaan dan anugerah-Nya buat kita, hingga tak terasa kita akan mengakhiri tahun ini dengan berbagai tantangan, yang justru membuat kita harus semakin optimis akan kasih dan pemeliharaan Tuhan yang tidak pernah berkesudahan.

Firman Tuhan saat ini berbicara tentang FITNAH, sebagaimana peribahasa mengatakan bahwa fitnah lebih kejam dari pada membunuh, bahkan luka yang diakibatkan oleh fitnah akan sulit hilang jika di bandingkan dengan luka fisik yang di akibatkan oleh pedang dan tentuh sangat menyakitkan jika kita sendiri yang mengalaminya. Fitnah juga sama dengan memutarbalikan fakta.

Fitnah merupakan dosa, karena fitnah dapat memutuskan tali persaudaraan dan persekutuan, karena fitnah membicarakan hal-hal yang buruk tanpa sepengetahuan seseorang, baik benar maupun tidak benar dan setiap dosa akan berlaku penghukuman Allah.

Demikian juga tentang MENGHAKIMI yang sama jahatnya dengan mengfitnah, karena menghakimi sama dengan memutuskan suatu keputusan dengan niat buruk. Karena kita hanya mempunyai satu hakim yang adil, Dia-lah Yesus Kristus yang akan menghakimi dengan benar dan kita sebagai manusia tidak di perbolehkan untuk menghakimi sesama manusia.(band Matius 7:5 “Hai orang munafik, keluarkanlah dahulu balok dari matamu, maka engkau akan melihat denga jelas untuk mengeluarkan selumbar itu dari mata saudaramu”) Tuhan Yesus-pun mengatakan bahwa ukuran yang kita pakai untuk menghakimi akan di pakai juga buat menghakimi kita.
Karena sesungguhnya menghakimi adalah wewenang Tuhan.

Tuhan Yesus tidak mengajarkan kita untuk tidak peduli dengan masalah orang lain, oleh sebabnya kita harus tahu kehendak Tuhan agar mengetahui prinsip-prinsip-Nya dan Tuhan tidak ingin gereja-Nya terpecah hanya karena perselisihan.

Hari ini kita merayakan HUT GKI di Tanah Papua ke-59 tahun, suatu usia yang panjang karena kasih Allah melalui pekerjaan injil, karena injil ada dalam diri setiap orang percaya dan kita harus mengsyukuri hal tersebut.

Berdirinya GKI di Tanah Papua tidak terlepas dari peran sending dan misi pekabaran injil yang dilakukan oleh kedua hamba Tuhan Ottow dan Geissler di pulau Mansinam Manokwari  pada tahun 1855.
Dan kerena injil tersebut kita dapat di persatukan saat ini dalam GKI di Tanah Papua dan melaksanakan Tri Panggilan Gereja yakni Bersekutu, bersaksi dan melayani untuk kemulian nama Tuhan Yesus. 

Sementara Mewakili Klasis GKI Paniai, Drs.Isak Mandosir dalam membacakan sambutan BPAM Sinode GKI di Tanah Papua Wilayah 5 mengatakan bahwa setelah 101 tahun pekabaran injil berlangsung di Tanah Papua tepatnya tanggal 26 oktober 1956 bertempat di gedung Gereja Harapan Holandia Binem (Abepura) pelaksanaan sidang sinode umum dan di resmikan lahirnya Gereja Kristen Injili di Tanah Papua (GKI) sebagai Gereja yang mandiri dalam melaksanakan pelayanan dan pekabaran injil.

Perayaan hari ulang tahun ini penting bagi kita, karena dengan memperingatinya generasi turun-temurun di atas Tanah Papua akan tetap mengingat sejarah Allah melawat umatNya. Kita yakin dengan sungguh bahwa hasil dari pada pekabaran injil melalui GKI di Tanah Papua, sudah membebaskan dan memberdayakan orang Papua dan lahirlah peradaban baru diatas negeri ini.

Ibadah syukur HUT GKI di Tanah Papua Ke-59 tahun ini di ikuti oleh jemaat dalam Wilayah Rayon 1 Klasis GKI Paniai yang terdiri dari GKI Ichtus Siriwini, GKI Paulus Sanoba Pantai, GKI Efata Sanoba Dalam, GKI Betania Asdim Siriwini dan GKI Siloam Sanoba serta di laksanakan di bawah sorotan Thema “DI PERSATUKAN DALAM IKATAN KASIH” serta Sub Thema “MELALUI HUT KE – 59 TAHUN GKI DI TANAH PAPUA, KITA MENATA DAN MENINGKATKAN TRI PANGGILAN GEREJA”.

Ibadah juga di isi dengan kesaksian lagu oleh PS PW GKI Paulus Sanoba, VG Laudekia, Solo kasih GKI Paulus Sanoba,PS PAR GKI Paulus Saoba dan PS Jemaat GKI Ichtus Siriwini.

Setelah ibadah dilakukan penarikan undian kupon berhadia yang dilaksanakan oleh PAR GKI Siloam, dengan sejumlah hadia menarik diantaranya 1 buah mesin cuci, 1 buah sepeda, 1 buah kipas angin, 1 buah dispenser, 1 set panci susun dan sejumlah hadia hiburan lainya.
Penjulan kupon berhadia ini sendiri dimaksudkan untuk mencari danah buat pembelian alat peraga pengajar sekolah minggu GKI Siloam dan menambah kas PAR buat pelaksanaan Natal PAR GKI Siloam tahun 2015.

SELAMAT MERAYAKAN HUT GKI DI TANAH PAPUA KE-59 TAHUN, TUHAN YESUS MEMBERKATI, AMIN. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar