IBADAH MINGGU PAGI 4 OKTOBER 2015 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE



Ibadah Minggu Pagi, 4 Oktober 2015 di GKI Siloam Sanoba Nabire
Pembacaan Firman Tuhan Keluaran 17:8-16 “ Kemenangan orang Israel atas orang Amalek”
Pelayan Firman Grj.Y.S. Sayori

Kitab Keluaran merupakan kitab yang terdapat pada perjanjian lama dan termasuk dalam Taurat Musa yang menceritakan peristiwa keluarnya bangsa Israel dari Mesir setelah selama 430 tahun menjadi budak.

Perjalanan orang Israel keluar dari mesir atau yang dikenal dengan peristiwa exodus di pimpin oleh Musa atas tuntunan Allah sendiri. Perjalan umat Israel tidaklah semudah yang mereka pikirkan, karena banyak tantangan dan kendala yang menghadang mereka di setiap perjalan mereka.
Hal ini terjadi bukan karena mereka yang menginginkan tantangan dan ancaman, tetapi Allah yang menuntun mereka melewati jalur yang baik menurut pandanganNya, dan dengan demikian Dia melatih umat Israel untuk setia mendengar perintah-Nya melalui hambanya Musa dan membalas kejahatan bangsa-bangsa yang menurut Allah harus di musnahkan.

Orang Amalek sendiri merupakan kaum yang berasal dari keturunan Esau, tetapi mereka ingin memanfaatkan keletihan umat Israel karena pengembaraan mereka di padang gurun dan membinasakan mereka. Jelas hal tersebut merupakan kesalahan fatal dan Allah sangat tidak senang akan hal itu karena Dia yang memilih Israel.

Dalam pembacaan firman Tuhan saat ini dikatakan bahwa Musa memerintahkan Yosua memilih orang-orang pilihan untuk berperang melawan orang Amalek dan Musa memegang tongkat Allah di atas gunung, dan terjadi pertempuran yang hebat di mana jika Musa mengangkat tangannya, lebih kuat orang Israel dan apabilah di turunkan tangannya maka lebih kuat orang Amalek.
Hingga tanggan Musa menjadi penat dan mereka membawa sebuah batu untuk di duduki Musa sedangkan Harun dan Hur menopang kedua tangannya hingga tidak bergerak sampai matahari terbenam. Demikian Yosua mengalahkan orang Amalek dan rakyatnya dengan mata pedang.

Kebenaran Firman Tuhan saat ini menjelaskan kepada kita semua bahwa kita tidak boleh congkak dan angkuh diri seperti orang Amalek yang walaupun mengetahui bahwa Israel adalah saudaranya tapi justru berbalik mau membinasakannya sehingga akhirnya atas perintah Allah, Amalek di binasakan dan di hapus ingatan akannya dari kolong langit.

Musa memberikan teladan bahwa Allah merupakan penopang yang sempurnah dalam kehidupan hidup dan pergumulan setiap manusia. Tanpa sokongan dan topangan Allah niscahya segalah sesuatu yang kita lakukan akan gagal, karena musu kita yakni Iblis akan selalu berusaha merusak rancangan Allah dalam kehidupan orang percaya.

Kita harus datang kepada Allah dan menyampaikan segalah permohonan dan keinginan kita, niscahya Dia akan mengabulkannya seturut dengan kehendak-Nya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IBADAH MINGGU PAGI, MINGGU SENGSARA KE-7, 20 MARET 2016 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE

IBADAH SYUKUR PENAMATAN TK BESAR GKI SILOAM SANOBA TAHUN AJARAN 2018/2019

PEMBUKAAN SIDANG JEMAAT KE-II GKI SILOAM SANOBA NABIRE, KAMIS 28 JANUARI 2016