Minggu, 14 Januari 2018

IBADAH MINGGU PAGI, 14 JANUARI 2018 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE


Ibadah Minggu pagi, 14 Desember 2018 di GKI Siloam Sanoba Nabire di pimpin oleh Pdt.F. Samsanoy, S.Th dengan mengambil pembacaan firman Tuhan dari kitab Ratapan 3: 19-26

(Baca ayat 22 & 23 “Tak berkesudahan kasih setia TUHAN, tak habis-habisnya rahmat-Nya, selalu baru tiap pagi; besar kesetiaan-Mu!”)

Membuka kotbahnya Pdt. F. Samsanoy mengatakan bahwa kita semua harus mengucap syukur dan berterima kasih kepada TUHAN karena Dia baik bagi kita, sebab Dia memelihara dan melindungi hidup kita hingga saat ini.

Lebih lanjut menurut Pdt. F. Samsanoy bahwa kitab Ratapan di tulis oleh nabi Yeremia yang isinya teridiri atas syair yang meratapi jatuhnya Yerusalem ke tangan tentara Babel dan penderitaan yang di alami oleh penduduknya sebagai akibat mereka telah meninggalkan Tuhan.

Yang menjadi bagian pada pembacaan firman Tuhan saat ini adalah ungkapan penyesalan dan syukur dari nabi Yeremia kepada TUHAN bahwa betapa dasyat beban yang di derita oleh dia dan semua penduduk Yerusalem akibat dari pendudukan tentara Babel tersebut, namun dalam keadaan penderitaan tersebut Yeremia tetap dapat merasakan kasih setia dan rahmat TUHAN yang selalu baru tiap hari dalam kehidupannya.

Yeremia tetap yakin bahwa dalam keadaan demikian menderita namun kasih setia dan rahmat TUHAN tetap ada bagi dia dan semua penduduk Yerusalem, sehingga dia tetap bertahan dalam penderitaan yang dialaminya.


Demikian juga halnya dengan kehidupan kita, sebagai manusia kita tidak luput dari penderitaan yang kita alami setiap hari, entah penderitaan akibat dari kelemahan tubuh kita atau sakit atau juga mungkin penderitaan karena masalah ekonomi kita dan juga dosa dan kesalahan kita.

Penderitaan yang kita alami dalam kehidupan kita juga ada yang di akibatkan oleh dosa-dosa kita karena kita melakukan kesalahan terhadap Tuhan sehingga kita harus mengalami penderitaan dalam hidup ini.

Dan sekalipun semua manusia adalah orang berdosa namun kasih setia dan rahmat TUHAN tidak pernah berakhir bagi hidup kita, selalu ada dan baru setiap hari karena Dia sangat menyayangi kita.

TUHAN selalu memelihara hidup kita, memberikan matahari, oksigen, suka cita bahkan berkat-berkat dalam hidup kita karena kita berharga di matanya bahkan Dia telah mengutus AnakNya Yesus Kristus Tuhan kita agar kita juga beroleh hidup yang kekal di Sorga nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar