Minggu, 07 Januari 2018

IBADAH MINGGU PAGI, 7 JANUARI 2018 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE


Ibadah Minggu Pagi, 7 Januari 2018 di GKI Siloam Sanoba Nabire di pimpin oleh Pdt.F. Raru, S.Th dengan mengambil pembacaan firman Tuhan dari kitab Efesus 3:1-17 “Rahasia panggilan orang-orang bukan Yahudi”

Dalam kotbahnya Pdt. F. Raru mengatakan bahwa thema bagi pembacaan firman Tuhan pada minggu-minggu awal di tahun 2018 ini adalah berjalan bersama Yesus dan hal inilah  yang menjadi dasar rasul Paulus harus berbicara dan memberikan pengertian kepada jemaat di Efesus.

Sebagaimana di ketahui bahwa Paulus tinggal dan menetap di Efesus selama tiga tahun dan atas pemberitaan firman Tuhan Paulus harus di penjarakan dan selama berada di penjara Paulus melihat bahwa baik orang Yahudi dan juga orang bukan Yahudi yang beriman kepada Yesus Kristus tidak hidup dengan akur dalam berjemaat.

Orang Yahudi selalu mengganggap bahwa merekalah yang utama dan terdahulu dalam menerima firman Tuhan karena untuk merekalah Yesus telah datang, sehingga persekutuan mereka tidak berjalan dalam kasih sebagaimana seharusnya mereka lakukan sebagai jemaat mula-mula.


Sehingga Paulus menegur mereka bahwa persekutuan jemaat mereka tidak akan dibangun dan bertahan kalau mereka hidup dalam perpecahan dan menganggap golongan yang satu lebih baik dari golongan yang lainnya, karena Yesus Kristus adalah satu dan tidak terpecah-pecah. Serta oleh kepercayaan mereka kepada Yesus Kristus dengan sungguh-sungguh orang bukan Yahudi juga menjadi ahli waris kerajaan sorga karena iman dan percaya mereka tersebut.

Demikian juga dengan kehidupan berjemaat kita saat ini hendaklah kita saling membangun dan menguatkan, tidak memandang dari suku mana tetapi kita harus bersatu untuk membangun persekutuan yang baik dan kuat agar kuasa Tuhan bekerja dengan sempurna dalam persekutuan atau jemaat kita. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar