Minggu, 10 Juli 2016

IBADAH MINGGU PAGI, 10 JULI 2016 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE


Ibadah Minggu Pagi, 10 Juli 2016 di GKI Siloam Sanoba Nabire di pimpin oleh Pdt.F. Samsanoy,S.Th dan mengambil pembacaan firman Tuhan dari kitab Matius 6:19-24 “Hal mengumpulkan harta”

Pdt.F. Samsanoy membuka kotbahnya dengan mengatakan bahwa harta atau uang memanglah sangat penting dalam kehidupan setiap umat manusia selama kita masih berada di dalam dunia ini. Karena dengan harta atau uang kita dapat memiliki sesuatu.

Semua orang membutuhkan uang dan tidak ada seorangpung dalam dunia ini yang tidak membutuhkannya untuk memenuhi kebutuhan hidup  selama dia masi berada di dalam dunia ini.

Karena jika kita memiliki banyak harta atau uang, segalah sesuatu bisa kita buat dalam hidup ini serta kebutuhan kita pasti terpenuhi.

Tetapi kita harus sadar bahwa dalam langka hidup ini, janganlah kita mempergunakan harta atau uang tersebut untuk menjadi suatu Mamon atau dewa bahkan juga raja dalam hidup kita yang harus di sembah, sehingga kita menjadi lupa untuk mengumpulkan harta sorgawi yang menjadi tujuan hidup kita yang sebenarnya !

Karena hanya lewat harta sorgawi tersebut, bapa, ibu, saudara dan saudari kita semua akan memiliki keselamatan dari Allah.


Harta di dunia ini bersifat sementara, dan bukan tidak boleh kita mencarinya, karena selama kita masi hidup di dalam dunia ini kita membutuhkan harta atau uang tersebut untuk memenuhi segalah kebutuhan kita, tetapi hendaklah kita janganlah menjadikan harta duniawi atau uang tersebut sebagai segalah-galahnya.

Jangan sampai kita tidak mempunyai waktu untuk Tuhan dalam mengumpulkan harta sorgawi, karena kita sibuk dalam kerja dan aktifitas kita sehingga kita menjadi jauh dari Tuhan dan tidak pergi ke gereja, ibadah unsur dan dalam doa pribadi kepada-Nya.

Bahkan ada orang yang menggunakan hari sabat seperti hari minggu ini untuk bekerja dalam mengumpulkan harta atau uang, sedangkan firman Tuhan dengan jelas menerangkan bahwa hari sabat adalah hari yang telah Tuhan berikan bagi kita agar kita beristirahat dari segalah aktifitas duniawi kita dan mengkususkannya untuk beribadah serta memuji dan memuliakan nama-Nya.

Tuhan Yesus telah menjelaskan dalam firman-Nya yang menjadi pembacaan kita di minggu ini bahwa orang dunia memprioritaskan harta duniawi atau uang dan melupakan mencari dan mengumpulkan harta rohani yang merupakan modal bagi hidup kekal di dalam sorga kelak.

Kebenaran firman Tuhan saat ini mau menegaskan kepada kita bahwa sebagai manusia kita membutuhkan harta atau uang untuk menunjang kebutuhan dan keperluan hidup kita, tetapi tujuan hidup orang kristen yang sejati adalah mencari Tuhan dan mengumpulkan harta sorgawi karena itulah modal utama bagi kehidupan kita kelak di dalam kerajaan sorga.
(Ayat 20: “Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar dan mencurinya”)


Ibadah juga di isi dengan kesaksian lagu oleh Solo PW GKI Betania Asdim Siriwini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar