Sabtu, 30 Juli 2016

IBADAH MINGGU PAGI, 24 JULI 2016 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE


Ibadah Minggu Pagi, 24 Juli 2016 di GKI Siloam Sanoba Nabire yang di pimpin oleh Pdt.F. Samsanoy,S.Th dengan mengambil pembacaan firman Tuhan dari kitab Yakobus 5:1-6 “Peringatan kepada orang kaya”

Dalam pembacaan firman Tuhan saat ini Yakobus memberikan suatu teguran atau peringatan keras terkait sikap orang-orang kaya yang hanya mengejar kekayaan atau harta dengan mengorbankan pihak lain termasuk juga melecehkan orang miskin di sekitarnya.

Yakobus mencelah parah tuan tanah yang berlaku tidak adil atau semenah-menah terhadap pekerja-pekerjanya dengan memeras tenaga mereka tanpa memperhatikan upah mereka.

Yakobus memberikan suatu nasehat kepada orang-orang kaya tersebut karena dia tahu bahwa orang-orang kaya tersebut juga percaya kepada Tuhan.

Maksud Yakobus memberikan peringatan kepada orang-orang kaya adalah agar mereka bisa menangisi hidup mereka , Yakobus mengatakan bahwa pada akhirnya kamu (Orang-orang kaya red)akan menerima teguran atau hukuman dari Tuhan, sebab ketika kamu masi hidup kamu selalu melaksanakan hal-hal yang sifatnya menyakiti, mengecewahkan bahkan membunuh orang-orang miskin di sekitar mu.

Oleh sebab itu kekayaanmu itu tidak abadi karena akan di makan ngengat (Ngengat:merupakan serangga kecil yang ulatnya selalu memakan pakaian) dan tidak akan membawa kamu kepada suatu keselamatan.

Maksud Yakobus untuk memberikan nasihat agar orang-orang kaya jangan hanya mementingkan diri sendiri tetapi juga peduli terhadap orang lain termasuk juga para pekerja yang bekerja di ladang mereka dan umumnya adalah orang-orang miskin.

Para orang kaya jangan menindas mereka dan memberi hukuman terhadap mereka dan membunuh mereka tetapi justru sebaliknya bahwa setiap orang kaya harus memperhatikan orang-orang miskin yang ada di sekitar mereka.

Kebenaran firman Tuhan mau mengajarkan kepada kita semua bahwa ketika kita memperhatikan kehidupan orang-orang miskin maka pasti saja kehidupan kita akan di berkati Tuhan.

Dan pesan inilah yang mau di sampaikan oleh Yakobus kepada orang-orang kaya saat itu supaya mereka memperhatikan orang-orang miskin di sekitar mereka agar mereka selalu di berkati dan tidak mendapat hukuman dari Tuhan pada masa yang akan datang.

Selama kita masi hidup di dalam dunia ini maka yang terutama kita lakukan adalah mencari harta sorgawi itu dalam kehidupan kita, karena lewat harta sorgawi tersebut yang kita dapati lewat perbuatan baik kita termasuk juga mengasihi orang miskin, maka akhir dari kehidupan kita semua bahwa kita akan di selamatkan dan masuk ke dalam kerajaan sorga yang abadi, Tuhan Yesus memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar