Minggu, 31 Juli 2016

IBADAH MINGGU PAGI, 31 JULI 2016 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE


Ibadah Minggu Pagi, 31 Juli 2016 di GKI Siloam Sanoba Nabire yang di pimpin oleh Pnt. A. Korisano dengan mengambil pembacaan firman Tuhan dari kitab Ibrani 13:5-8 “Nasihat dan doa selamat”

Mengawali kotbahnya Pnt.A.Korisano mengatakan bahwa penulis kitab Ibrani menegaskan melalui ayatnya yang ke 5a dalam pembacaaan firman Tuhan saat yang berbunyi “Janganlah menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu” serta memberikan judul bagi bacaan firman Tuhan ini “MILIKILAH RASA CUKUP”

Ayat tersebut di atas sekaligus mau mengingatkan kita semua untuk tidak selalu diatur, bahkan dikuasai dan juga di perbudak oleh uang, tetapi kita harus selalu bersyukur dengan apa yang kita miliki.

Memang di akui dan tidak dapat disangkal bahwa kita membutuhkan uang, bahkan tidak ada seorangpun yang dapat berkata bahwa ia tidak membutuhkan uang.

Kita dapat melihat betapa banyak kebutuhan dalam hidup kita yang harus di penuhi dengan uang bahkan kebutuhan-kebutuhan primer kita seperti makan dan minum, biaya perjalanan, biaya pendidikan anak, biaya keluarga, biaya berobat, biaya membeli pakaian dan sebagainya.

Hal-hal tersebut diatas tidak dapat kita hindari dan sifatnya segera dan mendesak sehingga kita harus berusaha mendapatkan uang agar dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut.


Jemaat yang Tuhan Yesus kasihi,
Bukan karena uang itu penting sehingga kita menjadi hamba uang, mengapa demikian ? Sebab uang bukanlah segala-galanya dalam hidup ini.

Memang dengan uang kita dapat memiliki rumah yang mewah, tetapi kita kita tidak dapat membeli kebahagiaan, dengan uang kita bisa membeli cincin yang mahal, tetapi uang tidak dapat membeli cinta, uang dapat di gunakan untuk membayar uang sekolah atau perkuliahan anak-anak kita, tetapi uang tidak dapat membeli hikmat, dengan uang kita bisa membeli obat dan membiayai pengobatan, tetapi uang tidak dapat membeli keselamatan dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu perlu kita ketahui bahwa uang sangat di butuhkan dalam kehidupan kita untuk membeli banyak hal, tetapi uang tidak dapat membeli semua hal dalam kehidupan ini.

Jemaat yang Tuhan Yesus kasihi,
Kenapa kita tidak boleh menjadi hamba uang ?
Ketika manusia menjadi hambah uang maka dalam hidupnya akan tertanam sikap tidak pernah merasa cukup dan puas dengan apa yang di milikinya.
Perhatiannya akan terfokus hanya kepada uang bahkan melebihi segalah sesuatu termasuk hubungan atau relasi dengan sesama bahkan Tuhan.
Segalah sesuatu yang dilakukan akan di ukur dengan uang.

Sebab orang yang menjadi hamba uang tidak peduli lagi dengan rasa malu, takut bahkan berdosa, sebab keserakahan telah menutup mata dan hatinya.

Kebenaran firman Tuhan mau mengajarkan kepada kita semua untuk selalu mencukupkan diri dengan apa yang ada dan terus mengucap syukur atas apa yang telah Tuhan berikan dalam kehidupan kita serta tidak menjadikan uang sebagai tujuan hidup kita.


Ibadah juga di isi dengan kesaksian lagu oleh solo PW dari WYIK 1 Siloam


Tidak ada komentar:

Posting Komentar