IBADAH MINGGU PAGI, HARI PENTAKOSTA, 20 MEI 2018 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE


Ibadah Minggu Pagi, Hari Pentakosta, 20 Mei 2018 di GKI Siloam Sanoba Nabire di pimpin oleh Pdt. Welem Fairyo, S.Th dengan mengambil pembacaan firman Tuhan dari kitab Kisah Para Rasul 2:1-13 “Pentakosta”

Dalam kotbahnya Pdt. Welem Fairyo mengatakan bahwa Pentakosta adalah hari raya pengucapan syukur bagi uat Israel atas hasil panen gandum dan puncak dari perayaan itu dilaksanakan pada hari kelima puluh setelah paskah.


Sebagaimana di ceritakan dalam firman Tuhan bahwa sepuluh hari setelah Tuhan Yesus naik ke sorga dan pada hari Pentakosta para murid berkumpul di suatu tempat, tiba-tiba turunlah dari langit suatu bunyi seperti tiupan angin keras yang memenuhi seluruh rumah, di mana mereka duduk dan tampaklah kepada mereka lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing dan mereka semua mampu berkata-kata dengan bahasa yang berbeda-beda.

Semua orang yang berada di sekitar mereka menjadi binggung dan tercengang-cengang atau heran karena murid-murid tersebut dapat berkata-kata dan bersaksi tentang kebesaran Allah kepada mereka dengan bahasa yang mereka pakai di daerah asal mereka sementara rasul-rasul tersebut adalah orang-orang Galilea yang mempunyai pengetahuan sangat terbatas terkait bahasa-bahasa lain di luar bahasa Ibrani.

Peristiwa Pentakosta atau pencurahan Roh Kudus bukan terjadi dengan kebetulan semata karena hal ini telah di janjikan oleh Tuhan Yesus pada waktu Dia masi bersama-sama dengan mereka dan saat Dia akan terangkat ke sorga meninggalkan para murid-Nya. Para murid telah di babtis dengan Roh Kudus pada peristiwa Pentakosta tersebut.

Roh Kudus-lah yang mempersatukan semua orang dari segalah bangsa di dunia ini untuk datang dan percaya kepada Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat manusia yang telah di utus oleh Allah Bapa.

Hari Pentakosta merupaka peristiwa yang penting bagi gereja dimana gereja mula-mula terbentuk sebagai suatu tempat atau wadah bagi orang-orang percaya untuk berkumpul dan memuji Allah di mana Firman Tuhan di sampaikan dengan berbagai bahasa hingga tersebar keseluruh dunia bahkan sampai kepada kita semua.


Kita yang percaya kepada Allah melalui Yesus Kristus Tuhan kita saat ini merupakan buah dari pekerjaan Roh Kudus tersebut yang telah di curahkan oleh Allah Bapa sesuai dengan janji yang Tuhan Yesus sampaikan kepada pada murid-Nya ketika Dia bersama-sama dengan mereka dan sesaat sebelum Dia terangkat ke sorga.

Ibadah juga di isi dengan kesaksian lagu oleh VG. PAM Siloam dan VG. Sandiki

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IBADAH MINGGU PAGI, MINGGU SENGSARA KE-7, 20 MARET 2016 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE

IBADAH SYUKUR PENAMATAN TK BESAR GKI SILOAM SANOBA TAHUN AJARAN 2018/2019

PEMBUKAAN SIDANG JEMAAT KE-II GKI SILOAM SANOBA NABIRE, KAMIS 28 JANUARI 2016