IBADAH AKHIR BULAN MEI 2019 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE


Ibadah akhir bulan mei 2019 di GKI Siloam Sanoba Nabire di pimpin oleh Pnt. Lambert Rumbiak dengan membawa pembacaan firman Tuhan dari kitab Yesaya 31:1-9 “TUHANlah penolong yang satu-satunya”

Dalam kotbahnya Pnt. Lambert Rumbiak mengatakan bahwa inti dari pembacaan firman Tuhan saat ini adalah nabi Yesaya mengajak umat Tuhan untuk sungguh-sungguh bertobat kepada Tuhan dan bukan pergi ke Mesir untuk  membangun hubungan kerja sama secara politis dan religius guna membuat bangsa Asyur tidak menyerang mereka.

Nabi Yesaya mengingatkan umat agar tetap berada bersama-sama dengan Tuhan dengan menjadikan Tuhan sebagai satu-satunya pelindung bagi mereka.


Tiga bagian penting yang dapat diambil dari pembacaan firman Tuhan saat ini adalah terdapat dalam :

1.        Ayat 1 s/d 3 yang memuat ajakan untuk mengandalkan Tuhan sebagai satu-satunya pelindung bagi Yehuda dan mereka tidak boleh mengandalkan kekuatan manusia dan berhalanya termasuk juga meminta bantuan ke Mesir.
2.        Ayat 4 s/d 5 Allah sendiri yang akan bertindak dan menjadi pelindung bagi umat kepunyaan-Nya dan harus mengharapkan pertolongan yang datang dari Tuhan saja.
3.        Ayat 6 s/d 9 ancaman Asyur sebagai bangsa yang kuat dan adidaya sehingga nabi Yesaya bangkit dan mengingatkan bangsa Yehuda tidak boleh meminta pertolongan kepada Mesir sebab tangan Tuhan lebih kuat dari Asyur dan Dia dapat memukul mundur Asyur.

Demikian juga dengan kehidupan kita baik pribadi dan juga keluarga, siapakah yang menjadi andalan kita dalam kehidupan kita..? Sebagai orang percaya hanya Tuhan yang kita sembah yakni Tuhan Yesus Kristus yang menjadi andalan dalam kehidupan kita.

Umumnya sebagai manusia kita lebih mengandalakan mereka yang mempunyai kedudukan dan jabatan serta kekuatan, tetapi firman Tuhan saat ini sangat jelas seperti yang dikatakan oleh nabi Yesaya bahwa semua itu tidak mempunyai apa-apa.

Pertolongan kita hanya datang dari Tuhan yang selalu melindung, memelihara dan menjaga serta memberkati kehidupan kita selaku suami, istri bahkan anak-anak dalam kehidupan keluarga serta berjemaat.

Kita akan meninggalkan bulan mei 2019 dengan segalah hal yang telah kita lakukan, dan jika apa yang kita lakukan tidak sesuai dengan apa yang Tuhan inginkan maka saat ini juga kita tinggalkan semuanya dan semoga kita akan memasuki bulan juni 2019 dengan melakukan hal-hal yang berkenan kepada Tuhan.


Ibadah juga diisi dengan kesaksian lagu oleh mereka yang berulang tahun dalam bulan februari s/d mei sebagaimana program PW GKI Siloam Sanoba.

Setelah ibadah di laksanakan makan bersama yang di sediakan oleh yang berulang tahun sebagai ungkapan syukur atas kasih dan anugerah Tuhan yang telah menambah usia mereka.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

IBADAH MINGGU PAGI, MINGGU SENGSARA KE-7, 20 MARET 2016 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE

IBADAH SYUKUR PENAMATAN TK BESAR GKI SILOAM SANOBA TAHUN AJARAN 2018/2019

PEMBUKAAN SIDANG JEMAAT KE-II GKI SILOAM SANOBA NABIRE, KAMIS 28 JANUARI 2016