IBADAH MINGGU PAGI, 5 MEI 2019 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE


Ibadah Minggu Pagi, 5 Mei 2019 di GKI Siloam Sanoba Nabire di pimpin oleh Pdt. D. Situru, S.Th dengan mengambil pembacaan firman Tuhan dari kitab injil Yohanes:21:1-14 “Yesus menampakkan diri kepada murid-murid-Nya di pantai danau Tiberias”

Dalam kotbahnya Pdt. D. Situru mengatakan bahwa saat ini sebagai orang percaya di seluruh dunia kita masih berada dalam suasana kebangkitan Yesus Kristus Tuhan kita, dan kotbah kita masi berbicara tentang penampakkan Tuhan Yesus kepada para murid-Nya.

Biasanya perayaan natal setiap tahunnya sebelum bulan desember kita selalu dan biasanya menyiapkan segalah sesuatu untuk perayaan natal tersebut lebih awal, tetapi sebenarnya hari paskah dan kebangkitan Tuhan Yesus justru merupakan hari yang paling utama dalam pengajaran kristiani bahkan rasul Paulus mengatakan bahwa jika Tuhan Yesus tidak bangkit maka sia-sialah kepercayaan kita. Kebangkitan Tuhan Yesus memberikan kita spirit dan jaminan tentang kehidupan yang pasti di sorga bagi orang yang percaya kepada-Nya.

Kebangkitan Yesus Kristus adalah berita yang kudus dan tidak terbinasakan karena keselamatannya kekal sebagaimana dikatakan dalam kitab Markus. Kehidupan kita sudah dijamin bahkan kehidupan dan kekekalan di sorga sudah diselesaikan dan di bereskan oleh Tuhan Yesus maka kita harus bersemangat dalam hidup ini.

Sebagaimana kunjungan Tuhan Yesus kepada para murid-Nya melalui penampakkan-Nya yang ketiga sebgaimana pembacaan firman Tuhan saat ini  bertujuan untuk meyakinkan para murid-Nya bahwa Guru mereka yakni Tuhan Yesus telah bangkit dan mengalahkan kematian.

Penampakkan Yesus sekaligus untuk memberi pesan kepada para murid bahwa mereka tidak harus berada dalam ketakutan sebab Tuhan Yesus sudah bangkit dan mengalahkan kematian yang merupakan hal yang paling di takutkan oleh manusia.

Memang upah dosa adalah maut, tetapi maut tidak berdaya dan dikalahkan oleh Yesus yang berkuasa diatas segalahnya.

Kebangkitan Yesus telah di sampaikan oleh Yesus ketika Dia masi bersama dengan para murid, hanya karena ketakutan mereka lebih kuat dari iman percaya mereka sehingga mereka menjadi lupa akan kata-kata Yesus tersebut ketika Yesus harus menjalani masa kesengsaraan hingga mati di kayu salib.

Penampakkan Yesus kepada para murid juga untuk memberikan ketenangan kepada mereka agar mereka tidak takut lagi dan berangsur-angsur para murid mulai bangkit semangatnya ketika melihat bahwa Yesus hidup.


Demikian juga dengan kita sebagai orang kristen bahwa kita tidak harus takut kepada kuasa dosa dan kematian karena Tuhan Yesus telah mengalahkan dosa dan kematian tersebut serta memberikan menjamin kepada kita bahwa kita akan masuk kedalam kerajaan sorga jika kita hidup seturut dengan apa yang Tuhan inginkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IBADAH MINGGU PAGI, MINGGU SENGSARA KE-7, 20 MARET 2016 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE

IBADAH SYUKUR PENAMATAN TK BESAR GKI SILOAM SANOBA TAHUN AJARAN 2018/2019

PEMBUKAAN SIDANG JEMAAT KE-II GKI SILOAM SANOBA NABIRE, KAMIS 28 JANUARI 2016