Minggu, 12 Juni 2016

IBADAH MINGGU PAGI, 12 JUNI 2016 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE


Ibadah Minggu Pagi, 12 Juni 2016 di GKI Siloam Nabire yang di pimpin oleh Pnt. Martha Noriwari dengan mengambil pembacaan firman Tuhan dari kitab Amsal 19:18-29.

Dalam kotbahnya Pnt. Martha Noriwari mengatakan bahwa pembacaan kita saat ini masi sama seperti pembacaan firman Tuhan pada minggu yang lalu yang juga terambil dari kitab Amsal yang berbicara tentang hikmat agar hidup dengan benar.

Sebagaimana kita ketahui bahwa hikmat adalah merupakan ajaran atau nasehat yang berasal dari orang tua atau orang yang di tuakan dan isinya merupakan nasehat, wejangan dan juga petua yang di berikan kepada anak atau orang muda yang bertujuan untuk menuntun agar hidup seseorang menjadi baik.

Sebagai orang tua kita semua setuju dan merasa penting dengan pernyataan yang mengatakan betapa penting mengajar anak sejak dini. Dini disini memiliki arti awal, jadi mendidik anak sejak dini sama artinya dengan mendidik mereka sejak awal pertumbuhan mereka di dalam rumah tangga kita masing-masing.

Hikmat yang terdiri dari nasihat dan wejangan serta pertua sudah seharusnya di berikan kepada anak-anak kita ketika mereka masi kecil pada awal pertumbuhan mereka dan hal ini dimaksudkan agar semuanya itu tertanam di dalam jiwa dan karakter mereka agar kelak mereka hidup dan menjadi anak-anak yang membanggakan orang tua dan juga Tuhan.


Anak yang bertumbuh dengan nasehat, wejangan dan juga petua dari orang tua sejak usia dini biasanya menjadi anak yang berhasil dalam hidupnya di kemudian hari.

Mendidik anak dengan hikmat tidak harus ketika mereka telah berumur 10 , 15 bahkan 17 tahun karena mungkin sudah terlambat dan akan banyak menuwai kegagalan.

 Tiga hal penting dalam mendidik anak sejak usia dini yang harus di ajarkan secara seimbang diantaranya:
1.      Pendidikan
2.      Karakter dan
3.      Kerohanian
Ketiga hal di atas sangat penting dalam tumbuh kembang anak dan kita tidak dapat melaksanakan hanya satu saja dan mengabaikan yang lainnya.

Kembali kepada pembacaan firman Tuhan saat ini bahwa bahwa pengamsal memulai pengajarannya dengan mengajarkan tujuan dari mendidik anak agar dalam menjalani  hidup, seorang anak akan menjadi anak yang bijak, tidak hidup mempermalukan diri dan menyimpang.

Sebagai orang tua ketika kita memberikan pendidikan kepada anak-anak kita baik secara formal maupun non formal, tujuan kita agar supaya anak mampu mengarahkan kehidupannya kearah yang benar.

Karena tidak ada satu orang tuapun yang mau anaknya berjalan di jalan yang tidak benar.

VG. PAR Siloam
Kebenaran firman Tuhan mau menekankan kepada kita semua bahwa hidup yang berhasil dan menjadi anak yang baik dan membanggahkan orang tua dan Tuhan adalah merupakan tujuan semua orang percaya, karena anak merupakan anugerah terindah dari Tuhan yang dititipkan bagi semua orang percaya. Dan sudah tentu tugas kita sebagai orang tua adalah mendidik mereka sejak usia dini dengan memperhatikan pendidikan, karakter dan kerohanian mereka.

Ibadah juga di isi dengan kesaksian lagu oleh VG. PAR Siloam

WARGA JEMAAT SILOAM MENGGUNAKAN WAKTU SETELAH IBADAH
UNTUK BERCENGKRAMA SATU DENGAN LAINNYA

2 komentar:

  1. Selamat berkarya Ibu yuly Sawo dan semua warga jemat Gki siloam sanoba semoga sukses dalam pelayanan

    BalasHapus
  2. Terima kasih tuk dukungannya, Gbu !!

    BalasHapus