Minggu, 05 Juni 2016

IBADAH MINGGU PAGI, 5 JUNI 2016 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE


Ibadah Minggu Pagi, 5 Juni 2016 di GKI Siloam Sanoba dengan pelayan firman Pdt.F.Samsanoy,S.Th dan pembacaan firman Tuhan terambil dari kitab Amsal 13:14-29.

Dalam kotbahnya Pdt.F.Samsanoy mengatakan bahwa kita semua pahami dan tahu  bersama bahwa kitab Amsal di tulis oleh Salomo anak Daud. Dan kalau kita melihat keberadaan hidup Salomo ketika dia menjadi raja Israel dan terkait permintaannya pada Tuhan di dalam mimpinya di Gibeon ialah hikmat.

Hal ini dapat di lihat dalam kitab 1 Raja-Raja 4:29-30 yang berbunyi ‘Dan Allah memberikan hikmat dan pengertian yang amat besar, serta akal yang sangat luas seperti dataran pasir di tepi laut, sehingga hikmat Salomo melebihi hikmat segalah bani Timur dan melebihi segalah hikmat orang Mesir”

Hikmat dalam bahasa Ibrani di sebut Khakmah yang artinya ajaran, nasehat, didikan, petua yang baik dari setiap orang tua kepada anak-anaknya, dari para guru kepada para muridnya atau para pemimpin kepada para bawahanya, itulah hikmat.

Dan kita tahu bahwa anak-anak kita harus kita terima sebagai pemberian atau kepercayaan yang tulus dari Allah, sehingga mereka harus di didik, di uji, di atur dengan memberikan pendidikan kepada mereka berdasarkan tahap kehidupan mereka.

Dalam memberikan didikan kepada anak-anak kita, yang paling utama kita harus tinjau dari sudut adat istiadat si anak yang erat kaitannya dengan sifat, cara bertindak dan pola prilaku dari seorang anak.

Misalnya kita sebagai dewan guru yang mengajar di sekolah sedangkan anak-anak peserta didik adalah anak-anak yang majemuk atau terdiri dari banyak suku maka di dalam mengajar kita harus melihat adat istiadat dari si anak yang mempengaruhi sifat dan karakter si anak, sehingga pola pengajaran yang di pakai dapat menuntun si anak dalam menerima pelajaran dan bukan sebaliknya justru menyulitkan mereka.

Ketika kita telah melaksanakan apa yang di sebutkan di atas kita juga harus melaksanakan suatu disiplin yakni dengan kasih, jadi bukan kita hanya mengajar tentang hikmat saja tetapi kasih sangat penting buat kehidupan mereka dan selanjutnya mereka harus di bimbing dengan suatu pola kesalehan yang konsisten yang di jalankan oleh orang tua mereka sendiri.

Inilah yang di maksud dengan membesarkan mereka di dalam ajaran dan nasehat Tuhan dalam Kitab Efesus 6 ayat 4.

Pendidikan jenis ini mengutamakan atau menempatkan anak-anak lebih penting dari pada kenyamanan pribadi atau kehidupan sosial yang jauh dari keluarga. Dengan demikian memberikan kesan kepada meraka bahwa mereka sendiri adalah pribadi-pribadi yang sangat penting, sebab Allah mengasihi mereka dan Dia mempunyai rencana yang luar biasa bagi kehidupan mereka.

Para orang tua yang dengan setia memperlakukan prinsip ini dalam mendidik dan membesarkan anak-anak mereka akan merasa tenang dengan memperlakukan anak-anak mereka sebagai orang dewasa kedalam pemeliharaan dan pimpinan Allah.

Kebenaran firman Tuhan saat mau mengajar kepada kita semua agar menggunakan hikmat yang telah Tuhan berikan kepada kita untuk mengarahkan hidup kita lebih baik, baik dalam kehidupan pribadi kita dan juga anak-anak kita, serta harus menyerahkan hidup kita sepenuhnya pada tuntunan Roh Kudus.


Ibadah juga diisi dengan kesaksian lagu oleh VG. Trio Petra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar