IBADAH MINGGU PAGI, 23 JUNI 2019 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE


Ibadah minggu pagi, 23 juni 2019 di GKI Siloam Sanoba Nabire di pimpin oleh Pdt. Mariani Tambunan dengan mengambil pembacaan firman Tuhan dari kitab Kisah Para Rasul 8:26-40 “Sida-sida dari tanah Etiopia”

Dalam kotbahnya Pdt. Mariani Tambunan mengatakan bahwa pekerjaan para murid ternyata semakin hebat ketika mereka menerima pencurahan Roh Kudus pada saat Pentakosta dimana para murid menyebar dari Yerusalem ke berbagai tempat.

Sebagaimana yang terjadi pada Filipus ketika menerima pencurahan Roh Kudus dia terus mewartakan berita Injil dengan dituntun oleh Roh Kudus hingga dia di beritahu untuk menemui seorang sida-sida atau kepala perbendaharaan kerajaan Etiopia yang sementara dalam perjalanan pulang dari Yerusalem ke Etiopia dengan keretanya dan sedang membaca kitab nabi Yesaya.

Ketika Filipus melakukan apa yang di sampaikan oleh Roh Kudus, dia bertemu dengan sida-sida tersebut di jalan yang menurun antara Yerusalem dan Gaza dan ia  mendengarkan sida-sida tersebut sedang membaca kitab nabi Yesaya.

Dan Filipus bertanya kepada sida-sida tersebut apakah dia mengerti apa yang dia bacakannya namun sida-sida tersebut mengatakan bagaimana dia dapat mengerti isi kitab nabi Yesaya kalau tidak ada yang membimbing dia dan dia bertanya kepada Filipus sebenarnya tentang siapakah nabi berkata demikian, apakah tentang dirinya sendiri atau tentang orang lain.

Berangkat dari pertanyaan sida-sida tersebut maka Filipus menggunakan kesempatan tersebut untuk memberitakan injil dan menerangkan maksud isi kitab nabi Yesaya tersebut kepadanya bahwa yang dimaksud oleh nabi Yesaya adalah Yesus yang adalah Tuhan dan Juruselamat manusia yang di salibkan namun bangkit pada hari ketiga dan telah naik ko sorga.

Yesus adalah Mesias Anak Allah sendiri yang telah di janjikan oleh Allah untuk menyelamatkan manusia dari utang dosa dan kuasa maut.

Roh Kuduslah yang memenuhi Filipus dan juga sida-sida tersebut sehingga Filipus memiliki kesempatan untuk memberitakan injil kepadanya dan ia mengerti tentang kitab nabi Yesaya tersebut bahkan sida-sida tersebut menawarkan dirinya untuk dibabtis oleh Filipus dan sida-sida tersebut pulang dengan suka-cita ke negerinya di Etiopia.

Kebenaran firman Tuhan bagi kita semua adalah bahwa tugas memberitakan firman Tuhan adalah tugas semua orang percaya, karena kita telah di selamatkan oleh Tuhan Yesus Kristus sehingga kita harus mewartakan berita injil ini ke seluruh dunia dengan berkat dan talenta yang Tuhan telah berikan kepada masing-masing kita.

Roh Kudus akan mampukan kita untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan Tuhan tersebut sebagaimana yang Dia lakukan kepada Filipus pada pembacaan firman saat ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IBADAH MINGGU PAGI, MINGGU SENGSARA KE-7, 20 MARET 2016 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE

IBADAH SYUKUR PENAMATAN TK BESAR GKI SILOAM SANOBA TAHUN AJARAN 2018/2019

PEMBUKAAN SIDANG JEMAAT KE-II GKI SILOAM SANOBA NABIRE, KAMIS 28 JANUARI 2016