Minggu, 02 Oktober 2016

IBADAH PERSEKUTUAN ANAK DAN REMAJA (PAR) SEKOTAWI KLASIS GKI PANIAI, 2 OKTOBER 2016 DI PUSATKAN DI GKI PNIEL TOPO DISTRIK UWAPA NABIRE


Bertempat di gedung gereja GKI Pniel Topo Distrik Uwapa Nabire, minggu sore tadi (2/10) dilaksanakan Ibadah Persekutuan Anak dan Remaja (PAR) Sekotawi Klasis GKI Paniai yang di pimpin oleh Pdt Sally Patty,S.Si dengan pembacaan firman Tuhan terambil dari kitab 1 Yohanes 4:7-12  “Allah adalah kasih”

Pdt. Sally Patty membuka kotbahnya dengan memberikan sebuah cerita terkait kehidupan seorang anak yang harus menghidupi dirinya sendiri karena merupakan anak yatim piatu dengan bekerja sebagai tukang semir sepatu di sekitar pelabuhan penyebrangan. Hingga suatu pagi anak tersebut bertemu dengan seorang bapak yang berprofesi sebagai pengusaha dan yang mempunyai kebiasaan singgah di warung kopi di sekitar pelabuhan penyebrangan tersebut sebelum dia pergi ketempat tujuannya.

Anak tersebut datang kepada si bapak tersebut dan menawarkan diri untuk menyemir sepatu bapak pengusaha tersebut dan jawaban bapak tersebut adalah bisa dan mempersilahkan anak tersebut untuk menyemir sepatunya.

Anak tersebut sangat senang karena bapak tersebut mepersilahkan dia menyemir sepatunya sehingga dia melaksanakan tugas menyemir sepatu bapak tersebut hingga hingga selesai mengkilap dan bapak tersebut memberikan upah menyemir sepatunya dan anak tersebut menyampaikan terima kasih.


Cerita ini masi berlanjut hingga esok pagi ketika anak-anak menunggu di pelabuhan penyebrangan menunggu kapal yang membawa penumpang telah sandar dan setelah di lihat oleh anak kecil tersebut bahwa si bapak pengusaha ini telah turun dari kapal, ia berlari dan memegang tas bapak tersebut dan mengantarnya ke warung kopi tempat bapak tersebut biasanya meminum kopi dan tanpa menunggu dia langsung menyemir sepatu bapak tersebut sampai mengkilat dan bapak tersebut memberikan dia uang sebagai upah pekerjaannya tersebut dan hal tersebut berulang setiap hari.

Hingga suatu hari setelah selesai melaksanakan pekerjaan menyemir sepatu si bapak pengusaha tersebut dan bapak tersebut akan memberikan dia uang, maka dengan spontan anak tersebut menolaknya dan membuat si bapak pengusaha tersebut bertanya-tanya kenapa anak tersebut tidak mau menerima uang tersebut atau apa karena dia telah mempunyai uang  yang cukup..?
Namun anak tersebut dengan berderai air mata mengatakan bahwa saya adalah anak yatim piatu karena orang tua saya telah meninggal baik bapak dan ibu saya, namun ketika suatu saat berjumpa dengan bapak  dan bapak memanggil saya dengan sebutan “anak” mari semir bapak punya sepatu di situ saya merasa terharu karena ada kasih seorang bapak  yang memperhatikan saya dan mulai sekarang saya akan melakukan apa yang menyenangkan bapak tanpa harus meminta upah dan akhirnya bapak pengusaha tersebut merasa terharu dan tersentuh dengan kata-kata anak tersebut dan menjadi sayang kepada anak tersebut dan mengatakan maukah si anak tersebut tinggal dengan bapak tersebut di rumahnya dan mengangkat dia menjadi anaknya.

Akhirnya anak tersebut berpelukan dengan si bapak tersebut dan mengiyakan bahwa dia mau tinggal dengal bapak tersebut hingga mengikut bapak tersebut ke rumahnya sebagai anak dan keluarganya.

Pembelajaran bagi kita semua dari cerita tersebut bahwa kita belajar bahwa walau seorang anak tersebut sebagai anak yatim piatu dia sangat mendambahkan kasih dari orang tua, begitu juga dengan kita yang hadir saat ini agar selalu menghargai orang tua kita, karena hukum Tuhan juga mengatakan demikian bahwa kita harus menghormati orang tua kita baik bapak dan ibu agar lanjut umur kita di tanah yang di berikan Tuhan allah kepada kita.

Kalau Tuhan telah menunjukan kasih dan cinta-Nya kepada kita maka kita juga wajib mengasihi sesama kita. Sesama kita adalah orang tua, saudara, pengasuh, guru dan juga semua orang.

Ibadah juga di isi dengan kesaksian lagu oleh VG. PAR Solafide KPR Nabarua dan VG. PAR Pniel Topo.



Seperti biasanya setelah ibadah dilakukan absen kehadiran oleh ketua PAR Klasis GKI Paniai James Rorook dan menyampaikan ibadah PAR bulan november 2016 akan dilaksanakan di GKI IS. Kijne Wadio Bawah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar