Minggu, 08 Januari 2017

IBADAH MINGGU PAGI, 8 JANUARI 2017 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE


Ibadah Minggu Pagi, 8 Januari 2017 di GKI Siloam Sanoba Nabire di pimpin oleh Pdt. Sandi N. Ishack, S.Si dengan mengambil pembacaan firman Tuhan dari kitab injil Yohanes 1:29-34 “Yohanes menunjuk kepada Yesus”

Dalam kotbahnya Pdt. Sandi N. Ishack mengatakan bahwa pembacaan firman Tuhan saat ini berbicara mengenai kesaksian dari Yohanes pembabtis tentang Anak domba Allah. Di ceritakan bahwa ketika Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan dia berkata : ”Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia” (Yohanes 1:29b).

Hal tersebut diperbuat oleh Yohanes sebagai kesaksiannya terkait siapa itu Yesus, karena saat itu semua orang di Yerusalem baik orang Yahudi dan juga para imam telah menanti dan bertanya-tanya siapa Dia yang disebut Mesias itu ?

Bahkan mereka sempat menyangka bahwa Yohanes adalah Mesias itu, tetapi Yohanes dengan tegas mengatakan bahwa dia bukanlah Mesias, dia adalah orang yang di utus oleh Allah untuk mendahului Mesias seperti yang di sebutkan oleh nabi Yesaya “Persiapkanlah di padang gurun jalan untuk TUHAN, luruskanlah di padang belantara jalan raya bagi Allah kita. Setiap lembah harus di tutup dan setiap gunung dan bukit diratakan; tanah yang berbukit-bukit harus menjadi tanah yang rata, dan tanah yang berlekuk-lekuk menjadi dataran” (Yesaya 40:3-4) 


Jelaslah bahwa kebaradaan Yohanes pembabtis adalah untuk mempersiapkan jalan bagi pelayanan Yesus yang adalah Mesias untuk berkarya sebagaimana maksud dan tujuan kedatangan-Nya ke dunia untuk menghapus dosa dunia dan juga sebagai saksi yang memberitakan kepada orang Yahudi dan para imam saat itu siapa Dia yang adalah Mesias yang dinantikan selama ini oleh mereka.

Yohanes dalam kesaksiannya mengatakan bahwa dia hanya membabtis dengan air tetapi Yesus-lah yang akan membabtis dengan Roh Kudus sebagaimana firman yang di sampaikan Allah kepadanya. Sebagaimana kita ketahui bahwa Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat umat manusia memiliki beberapa gelar atau sebutan diantaranya: Anak domba Allah, Firman Allah yang hidup, El Lohim, El Sadai, Allah yang perkasa, Raja Damai  dan lain sebagainya.

Dari kesaksian Yohanes bahwa Yesus adalah firman Allah (Sabda) yang hidup dan datang buat menghapus dosa dunia sebagaimana tertulis pada awal penulisan injil Yohanes kiranya memampukan dan menguatkan kita juga sebagai orang percaya di saat ini untuk terus bersaksi tentang Yesus dan cinta kasih-Nya bagi umat manusia sehingga  Dia harus datang buat menghapus dosa dunia.


Ibadah juga di isi dengan kesaksian lagu oleh PS. Majelis Jemaat Siloam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar