Minggu, 01 Mei 2016

IBADAH MINGGU PAGI, 1 MEI 2016 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE


Ibadah minggu pagi, 1 mei 2016 di GKI Siloam Sanoba Nabire di pimpin oleh Pdt.F. Samsanoy, S.Th dengan mengambil pembacaan firman Tuhan dari kitab Injil Lukas 24:36-49 dengan judul perikob “Yesus menampakkan diri kepada para murid”

Dalam kotbahnya Pdt.F Samsanoy, S.Th mengatakan bahwa peristiwa kebangkitan Tuhan Yesus merupakan sesuatu hal yang sangat sulit di terima dengan akal oleh setiap kita terlebih para murid saat itu.

Kalau kita berpikir secara akal manusia merupakan sesuatu hal yang sulit di terima tentang kebangkitan Tuhan Yesus dan hal ini menjadi perbincangan yang sangat hangat termasuk juga oleh perempuan-perempuan yang melayani Tuhan Yesus saat itu dan juga para murid sendiri.

Dan sementara mereka bercakap-cakap tentang hal itu, Yesus tiba-tiba berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata kepada mereka: “Damai sejahtera bagi kamu” (ayat 36)
Rupanya para murid baru mendengar tentang kebangkitan Tuhan Yesus yang adalah guru atau rabi mereka dan ketika mereka bercakap-cakap maka Tuhan Yesus menampakkan diri kepada mereka dan menyapa mereka.

Kata damai sejahtera yang di sampaikan oleh Tuhan Yesus kepada para murid yang dalam bahasa Ibrani di sebut "Syaloom" serta dalam bahasa Yunani di sebut "Eirene"  dan ketika Tuhan  Yesus menyampaikan kata damai sejahtera tersebut kepada para murid yang dalam keadaan takut serta kebingungan dengan sosok siapa yang menyampaikan kata tersebut dan Tuhan Yesus memahami keadaan mereka sehingga Dia mengalikan kebingungan mereka dengan berkata kepada mereka; adakah padamu makanan disini ? Lalu mereka memberikan kepada-Nya sepotong ikan goreng. Ia mengambilnya dan memakannya di depan mata mereka. (Ayat 41,42)

Itulah upaya Tuhan Yesus untuk meyakinkan para murid bahwa inilah Dia yang telah bangkit dari kematian dan bukan hantu seperti sangkaan mereka, serta menunjukan bekas luka pada tangan dan kaki-Nya serta lambung-Nya yang tertikam untuk menepis keragu-raguan, kebimbangan dan ketakutan mereka.

Kebenaran firman Tuhan mau mengajarkan kepada kita semua bahwa kebangkitan Tuhan Yesus mau merubah seluruh kehidupan kita, existensi kita dan keberadaan kita serta membawa suatu perubahan yang baru dalam kehidupan kita sebagai orang-orang percaya.

Lewat kebangkitan Tuhan Yesus kiranya kita di tuntun menuju pertobatan dalam kehidupan kita dengan meninggalkan hidup yang lama dan beralih pada hidup yang baru lewat tuntunan dan penyertaan Roh Kudus. 



Dalam ibadah minggu pagi ini juga dilakukan peneguhan bagi panitia pembangunan gedung gereja baru GKI Siloam untuk masa bakti 5 tahun hingga tahun 2021 dan panitia Hari-hari Besar Gerejawi tingkat jemaat GKI Siloam untuk masa bakti 2 tahun hingga tahun 2018

Ibadah juga di isi dengan kesaksian lagu oleh solo PW  dan VG. PKB Siloam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar