IBADAH SYUKUR HUT PKB GKI SILOAM KE 2, RABU 4 MEI 2016



Ibadah syukur HUT PKB GKI Siloam Sanoba ke-2 dilaksanakan pada hari ini, rabu sore 4 mei 2016 di gedung gereja GKI Siloam Sanoba dan di pimpin oleh Pdt. Hengky Wonatorey, S.Th dengan mengambil pembacaan firman Tuhan dari kitab Yesaya 55:1-13 “Seruan untuk turut serta dalam keselamatan yang dari Tuhan”

Dalam kotbahnya Pdt.Hengky Wonatorey,S.Th mengatakan bahwa pembacaan firman Tuhan tersebut berdasarkan Thema perayaan ibadah syukur HUT PKB GKI Siloam ke-2 saat ini "Carilah Tuhan selama Ia berkenan di temui” (Yesaya 55:6a) dan sub Thema “Melalui perayaan HUT PKB GKI Siloam ke-2 marilah kita bersama-sama bergandengan tangan meningkatkan pelayanan PKB di aras jemaat”

Surat Yesaya ini di tulis ketika bangsa Israel berada di dalam pembuangan dan nubuat yang menjadi pembacaan kita pada saat ini merupakan nubuat terakhir yang tulis oleh nabi Yesaya ketika orang Israel berada di Babel saat pembuangan dan kemudian mereka akan berpindah ke suatu masa yakni masa pembebasan.

Jadi bagian yang ini di sebut deutero Yesaya atau Yesaya ke dua, pasal 55 merupakan seruan atau ajakan yang di sampaikan oleh nabi Yesaya kepada bangsa Israel untuk berusaha mencari dan mendapatkan Tuhan seperti yang menjadi Thema perayaan saat ini.

Nabi Yesaya menekankan kepada umat Tuhan untuk berusaha dengan sekuat tenaga mencari dan mendapatkan Tuhan sepanjang Ia berkenan di temui. Kata berkenan dapat di artikan atau mempunyai persamaan kata dengan siap atau mau, yang artinya kalau Tuhan siap atau bersedia bertemu dengan kita maka kita harus mencari Dia agar dapat bertemu atau berjumpah dengan Dia.

Berkenan di temui menjadi pertanyaan bagi kita apakah Tuhan mau menyediakan waktunya bagi kita atau menyediakan kesempatan untuk kita dapat bertemu dengan-Nya, kalau Dia tidak berkenan bagaimana dengan kehidupan kita atau orang Isrel saat itu.

Dapat di katakan bahwa Thema dan sub Thema pada ibadah syukur HUT PKB saat ini begitu berat dan inilah yang harus menjadi pergumulan jemaat tetapi secara khusus bagi unsur PKB.

Kalau di lihat dari usia perayaan PKB Siloam saat ini sangat terlalu mudah dan sangat dini, bagaimana di usia yang sangat mudah ini, PKB Siloam di tantang untuk mencari Tuhan sepanjang Ia bersedia di temui.

Alasan kita harus mencari Tuhan dan di tuntut untuk bertemu Tuhn seperti penjelasan nabi Yesaya bahwa Tuhan akan menunjukan kuasanya dan akan memberikan pembebasan kepada orang Israel dan kemudian mereka akan keluar dari perbudakan dan mengalami kehidupan yang baru setelah pembuangan tersebut.

Orang yang di bebaskan menjadi orang yang merdeka dan tidak di jajah, tidak di intimidasi oleh orang lain serta hidup dalam kebebasan yang di berikan serta dapat meningkatkan pelayanan di dalam persekutuannya.

Sementara ketua PKB GKI Siloam Bapak Demianus Maweng dalam sambutannya setelah ibadah mengatakan bahwa berdirinya PKB GKI Siloam tidak terlepas dari berdirinya jemaat GKI Silaom, dimana satu minggu setelah di lembagakannya jemaat GKI Siloam Sanoba oleh Badan Pekerja Klasis GKI Paniai dan satu minggu setelahnya dilaksanakan ibadah perdana PKB GKI Siloam di rumah Bapak D. Rumbiak di batas kota dan hari itu, 4 mei 2014 di tetapkan sebagai hari jadi PKB GKI Siloam Sanoba.

Serta berharap melalui HUT PKB ke-2 ini kiranya menjadi motifasi bagi anggota PKB GKI Siloam Sanoba untuk lebih aktif dalam pelayanan dengan mengikuti ibadah PKB setiap hari minggu siang dan kegiatan-kegiatan lainnya di jemaat.

Sementara ketua Jemaat GKI Siloam Pdt.F.Samsanoy,S.Th dalam sambutanya mengatakan bahwa usia yang di miliki oleh PKB GKI Siloam Sanoba harusnya membuat kita bersyukur atas usia yang telah Tuhan anugerahkan tersebut.

Dalam usia 2 tahun meamang terbilang masi mudah, namun dalam tingkat pelayanan kita telah lama terlibat dalam pelayanan PKB, oleh sebab itu melalui Thema perayaan saat ini mau mengajak kita semua untuk bergandengan tangan meningkatkan pelayanan PKB di tengah-tengah jemaat ini.

Setelah ibadah di lakukan pemotongan kue ulang tahun yang di lakukan oleh ketua PKB dan di bagikan kepada PHMJ GKI Siloam, ketua unsur PW, PAM dan PAR serta tamu undangan dari PKB Paulus Sanoba Pantai dan Betania Asdim Siriwini.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

IBADAH MINGGU PAGI, MINGGU SENGSARA KE-7, 20 MARET 2016 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE

IBADAH SYUKUR PENAMATAN TK BESAR GKI SILOAM SANOBA TAHUN AJARAN 2018/2019

PEMBUKAAN SIDANG JEMAAT KE-II GKI SILOAM SANOBA NABIRE, KAMIS 28 JANUARI 2016