IBADAH MINGGU ADVEN I, 2 DESEMBER 2018 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE



Ibadah Minggu Adven I, 2 desember 2018 di GKI Siloam Sanoba Nabire di pimpin oleh Pdt. Evelin Maraja, S.Th dengan mengambil pembacaan firman Tuhan dari kitab Yesaya 54:1-17 “Perjanjian damai dengan Sion”

Dalam kotbahnya Pdt. Evelin Maraja mengatakan bahwa saat ini kita telah masuk pada minggu adven I atau saat penantian kelahiran Tuhan Yesus Kristus yang tentunya membawa sukacita bagi kita semua.

Umumnya orang sangat senang dengan kejutan atau surprise demikian juga dengan bangsa Israel pada pembacaan firman Tuhan saat ini bahwa mereka menerima kejutan yakni rencana Allah untuk menjadikan mereka berkat bagi bangsa-bangsa dan Allah ingin agar merekapun harus bersukacita akan hal tersebut.

Israel menerima pemberian Tuhan yang tidak berkesudahan tersebut demi masa depan dan kebaikan bangsa Israel sendiri dengan bersukacita karena mereka akan menjadi berkat bagi bangsa-bangsa dan mereka di gambarkan seperti seorang perempuan mandul dan tidak bersuami namun akan memiliki banyak anak sehingga mereka juga harus bersiap untuk membentangkan kemah serta mereka akan menjadi alat bagi Allah untuk mneguasai bangsa lain melalui kebenaran dan keselamatan.

Nabi Yesaya mengatakan hal itu kepada mereka ketika mereka berada di pembuangan Babel dimana berbagai penderitaan dan persoalan hidup mereka alami bukan saja sebagai pribadi tetapi juga keluarga bahkan sabagai suatu bangsa dan mereka merasa seolah-olah tidak mempunyai apa-apa, sehingga nabi Yesaya mengajak mereka untuk bersorak-sorak karena waktu yang telah di tentukan oleh Tuhan akan datang dan mereka pasti akan bersukacita dan bersorak-sorak bahkan harus membentangkan kemah karena kemah tempat mereka tinggal tidak akan cukup untuk memuat keturunan mereka dan Allah sendiri akan bersama-sama dengan mereka.

Kasih setia Tuhan tidak perna berkesudahan dari umat Israel walau mereka berada dalam masa-masa yang sulit akibat dari pada pemberontakan mereka kepada Allah tetapi Dia akan memulihkan mereka dan menjadikan mereka sebagai berkat bagi bangsa-bangsa dan oleh sebabnya mereka harus bersukacita.

Demikian juga dengan kehidupan kita saat ini walaupun kita hidup dalam penderitaan dan juga kesusahan tetapi saat ini kita boleh masuk di minggu Adven I atau minggu penantian kelahiran Sang Juruselamat dunia yang membawa damai dan suka cita sehingga kita juga harus bergembira sebagaimana umat Israel tersebut.

Dalam kondisi saat ini serta dengan perkembangan tehnologi yang demikian maju tetapi kebahagiaan dan sukacita serta keselamatan hanya datang dari Tuhan sehingga kita harus bersuka cita.

Yesus Kristus adalah sumber sukacita tersebut karena Dia yang menjadi pembela, pelindung dan penolong kita dan Dialah yang di janjikan oleh Allah kepada bangsa Israel sebagaimana yang di sampaikan oleh nabi Yesaya bahwa Allah akan menjadikan umat Israel sebagai berkat bagi bangsa-bangsa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IBADAH MINGGU PAGI, MINGGU SENGSARA KE-7, 20 MARET 2016 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE

IBADAH SYUKUR PENAMATAN TK BESAR GKI SILOAM SANOBA TAHUN AJARAN 2018/2019

PEMBUKAAN SIDANG JEMAAT KE-II GKI SILOAM SANOBA NABIRE, KAMIS 28 JANUARI 2016