PERAYAAN NATAL WIK II GKI SILOAM SANOBA NABIRE


Apa yang ada dalam pikiran kita masing-masing ketika kita mendengar kata hikmat ?.  Biasanya orang akan mengidentikkan atau menerjemakan kata hikmat dengan kepandaian, tetapi pada pembacaan firman Tuhan saat ini bahwa kedua hal tersebut sangatlah berbedah, demikian kutipan kotbah pada ibadah Natal WIK II GKI Siloam Sanoba yang di laksanakan pada hari rabu sore, 5 Desember 2018 di rumah bapak D. Rumbiak.

Lebih lanjut Pdt. Mariani Tambunan mengatakan bahwa kepandaian dapat kita peroleh dari pengetahuan atau proses belajar dan pembinaan tetapi hikmat hanya dapat di peroleh ketika kita membangun hubungan atau relasi dengan Tuhan sebagaimana pembacaan firman Tuhan yang menjadi bahan bacaan dan perenungan pada perayaan natal WIK II ini yang terambil dari kitab 1 Korintus 1:18-31 “Hikmat Allah dan hikmat manusia”


Orang Yunani beranggapan bahwa mereka memiliki hikmat karena budaya mereka sangat kental dengan filsafat dan filosofi tetapi rasul Paulus mengajarkan kepada kita semua bahwa orang yang tidak percaya kepada Yesus Kristus tidaklah berhikmat karena Tuhan Yesus Kristus sendiri adalah hikmat Allah.

Jadi kita semua telah diajarkan bahwa hikmat yang benar adalah hikmat yang berasal dari Allah dan di peroleh karena percaya kepada Tuhan Yesus Kristus sebab Yesus Kristus adalah hikmat Allah sendiri dan yang menjadi rahasia Allah namun telah di nyatakan di tengah-tengah umat manusia.

Hikmat yang berasal dari Allah di berikannya bagi siapa saja yang membangun hubungan baik dengan Dia, entah dia sebagai orang kaya, orang berpendidikan atau juga mereka yang menurut ukuran dunia tidak mempunyai pengetahuan tetapi justru yang bodoh menurut ukuran manusia di gunakan Allah untuk mempermalukan dunia ini.

Yesus Kristus adalah hikmat Allah sendiri yang menjadi alasan mengapa kita harus hadir di sini yakni untuk merayakan kelahiran-Nya sebagai manusia untuk menyelamatkan manusia dari keterbelengguan dosa.


Yesus datang dari sorga untuk menyelamatkan saudara dan saya bahkan semua orang yang percaya kepada Allah karena Dia tahu bahwa kita semua adalah orang-orang yang tidak berarti bagi dunia ini karena kita lemah dan terbatas bahkan sangat hina dan justru oleh kelemahan kita Allah memberikan kepada kita hikmat-Nya dan setiap orang yang menerima hikmat dari Allah pasti akan mengakui bahwa Yesus adalah Tuhan dan Juruselamat manusia yang telah datang ke dunia dengan menjadi sama dengan menasuia melalui kelahiranya di Betlehem dan setiap tahun kita rayakan sebagai hari natal.

Pada ibadah natal WIK II GKI Siloam ini juga di isi dengan kesaksian lagu oleh VG. PAR GKI Siloam Sanoba.

Ibadah Natal WIK II GKI Siloam Sanoba ini mengusung Thema: YESUS KRISTUS HIKMAT BAGI KITA (1 Korintus 1:30a) dan Sub Thema: Melalui perayaan natal WIK II kita di beri hikmat untuk berkarya di tengah keluarga, lingkungan dan gereja.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IBADAH MINGGU PAGI, MINGGU SENGSARA KE-7, 20 MARET 2016 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE

IBADAH SYUKUR PENAMATAN TK BESAR GKI SILOAM SANOBA TAHUN AJARAN 2018/2019

PEMBUKAAN SIDANG JEMAAT KE-II GKI SILOAM SANOBA NABIRE, KAMIS 28 JANUARI 2016