IBADAH MINGGU ADVENT IV, 18 DESEMBER 2016 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE


Ibadah Minggu Advent IV, 18 Desember 2016 di GKI Siloam Sanoba Nabire di pimpin oleh Pdt.M. Amasaman,S.Th dengan mengambil pembacaan firman Tuhan dari Kitab Yesaya 59:9-21 “Dosa adalah penghambat keselamatan”

Dalam kotbahnya Pdt.M.Amasaman mengatakan bahwa kalau kita memperhatikan pembacaan firman Tuhan saat ini dalam mengakhiri minggu advent ke IV dan selanjutnya kita akan masuk dalam masa perayaan Natal, kita di ajak untuk merenungkan pembacaan firman Tuhan saat ini yang terambil dari kitab Yesaya 59:9-21 “Dosa adalah penghambat keselamatan”. 


Kalau kita berbicara tentang dosa dan mengingat serta memperhatikannya dalam realita kehidupan umat Israel saat itu tetapi juga pada kehidupan kita saat ini maka begitu banyaknya dosa yang tidak terungkapkan dan kalau di tulis tidak akan pernah berakhir.

Dan keadaan inilah yang dialami oleh umat Israel bahwa akibat dari dosa tersebut mereka menerima ganjaran dari pada Tuhan berupa penderitaan dan keputusasahan akibat dari dosa dan pemeberontakan mereka. Padahal Tuhan menuntut mereka untuk memberlakukan firmanNya dalam kehidupan mereka hari lepas hari, tetapi mereka tidak menghiraukan firman TUHAN, malah mereka melakukan apa yang mereka ingin lakukan menurut kedagingan dan menurut kemauan mereka sendiri.

Sebagai upah dari pemberontakan mereka dapat kita lihat pada ayat 9 sampai ayat ke 21 pada pembacaaan firman Tuhan saat ini dimana mereka di perhadapkan dengan persoalan hidup, mencari keadilan tetapi tidak pernah menemukannya, begitu juga dengan kebenaran yang tidak pernah mereka dapati dan mereka menjerit karena tidak ada yang membelah dan menolong mereka.


Dan seperti kebiasaan umat Israel bahwa ketika mereka merasa bahwa hidup mereka terancam dan menemui berbagai permasalah hidup barulah mereka berseruh atau berteriak kepada TUHAN dan menyatakan kepada-Nya bahwa inilah kami umat-Mu yang telah hidup jauh dari keadilan dan kebenaran-MU, kami hidup dalam pemberontakan-pemberontakan dan dosa yang kami lakukan setiap saat.

Kalau kita simak pembacaan firman Tuhan saat ini bahwa kebenaran seolah-olah hilang dan keadilan tersembunyi dari hidup mereka serta terang menjadi redub bahkan di katakan bahwa mereka merabah-rabah seolah-olah tidak punya mata dan mereka berada dalam dunia kegelapan seperti orang mati dan tidak ada harapan bagi hidup mereka.

Tetapi kasih TUHAN tetap ada bagi mereka ketika mereka meratap dan mengakuhi segalah pemberontakan mereka dan pada ayat ke 16 dikatakan “Ia melihat bahwa karena tidak ada yang membelah. Maka tanggan-Nya sendiri memberi Dia pertolongan, dan keadilan-Nyalah yang membatu Dia”. Hal ini berarti bahwa TUHAN tidak membiarkan umat-Nya berlarut-larut dalam kesedihan dan keputusasahan akan pengalaman hidup yang membuat mereka tidak punya harapan lagi oleh sebab itu tanggan-Nya yang kuat, hati dan kuasa-Nya Dia tampilkan untuk mengangkat dan membelah umat-Nya.

Oleh karena Dia tidak ingin para musuh menguasahi dan menyengsarakan umat-Nya sehingga Dia sendiri tampil sebagai pembelah umat-Nya untuk membawa mereka keluar dari penindasan oleh musuh-musuh-Nya.

Dalam ayat 19 hingga ayat 21 mengambarkan bahwa TUHAN sendiri akan datang sebagai penebus untuk menebus mereka dam memberikan kemerdekaan dan kebebasan kepada mereka dan nama TUHAN jika didengar oleh semua umat maka mereka akan menajadi takut karena Nama itu adalah nama yang penuh kuasa.

Saat ini kita berada pada minggu advent IV, sebagaimana pengertian advent adalah penantian atau menantikan kedatangan Mesias Dia yang di urapi dan akan memberikan keselamatan melalui pengorbanan-Nya dan inilah karya cinta TUHAN yakni penebus datang untuk Sion dan Yakub.

Dosa adalah penghambat keselamatan, tetapi pertobatan akan membawa pembebasan dan keselamatan bagi setiap orang percaya.


Ibadah juga diisi dengan kesaksian lagu oleh Duet Majelis Siloam, Solo Kasih, VG Sion Voice dan Solo Bapak Habel Mofu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IBADAH MINGGU PAGI, MINGGU SENGSARA KE-7, 20 MARET 2016 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE

IBADAH SYUKUR PENAMATAN TK BESAR GKI SILOAM SANOBA TAHUN AJARAN 2018/2019

LOMBA CERDAS CERMAT ALKITAB (CCA) BAGI WARGA JEMAAT GKI SILOAM SANOBA MENYONGSONG HUT PASKAH 2016, SENIN 21 MARET 2016