Minggu, 25 Desember 2016

IBADAH NATAL I, 25 DESEMBER 2016 DI GKI SILOAM SANOBA NABIRE


Ibadah Natal I, 25 desember 2016 di GKI Siloam Sanoba Nabire di pimpin oleh Pdt.F. Samsanoy, S.Th dengan mengambil pembacaan firman Tuhan dari kitab Yohanes 1:1-14 “Firman yang telah menjadi manusia”

Dalam kotbahnya Pdt.F.Samsanoy mengatakan bahwa jika kita membaca secara keseluruhan isi injil Yohanes dengan jelas terlihat ada ketegangan dan pertikaian yang sangat sengit diantara orang Yahudi terkait Yesus. Dimana para pemimpin Yahudi mereka bertanya-tanya dalam hidupnya apakah Dia ini Mesias atau bukan dan sebagaimana kita ketahui bahwa kelahiran Yesus telah merupakan sumber pertikaian diantara mereka.


Orang-orang Yahudi yang bertengkar dan mempersoalkan tentang Yesus adalah mereka para pemimpin pada golongan kaum Farisi yang juga adalah kaum ortodoks yang kental dengan ajaran Yahudi atau Taurat.

Pembacaan firman saat ini memberikan pemahaman kepada kita tentang firman yang telah menjadi manusia sebagaimana dijelaskan pada ayatnya ke 14 “Firman itu telah menjadi manusia, dan diam diantara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang di berikan kepada-Nya sebagai anak tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran. Ayat 14 ini menjelaskan dan menegaskan isi ayat 1 “Pada mulanya adalah firman: Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah”

Sangat jelas diterangkan bahwa Allah menjadikan segalah sesuatu melalui FirmanNya yaitu Yesus sendiri, sehingga kelahiran Yesus kedunia adalah untuk menyelamatkan umat manusia ciptaan-Nya yang justru tidak mengenal Dia, sehingga Dia harus lahir di kandang domba yang hina karena manusia lebih mementingkan diri sendiri dan tidak  ada kasih kepada Tuhan dan penciptanya.

Yesus datang ke dunia karena cinta-Nya kepada kita umat manusia kepunyaan-Nya.


Perayaan Natal adalah untuk memperingati kelahiran Yesus dua ribu tahun yang lalu, dan maksud perayaan saat ini agar dapat membawa perubahan dalam sikap hidup kita, karakter dan kepribadian kita dengan meninggalkan semua sifat yang negatif dan hidup sesuai dengan firman Tuhan.

Siapkan hati kita untuk menerima kelahiran Yesus agar hidup kita selalu di berkati dan penuh dengan sukacita.

Ibadah Natal I saat ini di isi dengan kesaksian lagu oleh VG. PAR Siloam dan solo kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar